iklan jual beli mobil

MG4 EV Curi Perhatian, Bakal Kalahkan Hyundai Ioniq 5?

  • MG4 EV menyedot perhatian pengunjung di IIMS 2023 berkat tampilannya yang berani. 
  • Hatchback bertenaga 100% listrik ini juga ternyata serius memberikan performa yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. 
  • Banyak yang beranggapan, MG4 EV akan menjadi pesaing berat Hyundai Ioniq 5.

MG4 EV vs Hyundai Ioniq 5

Otojatim.com - Morris Garage (MG) dengan mobil listrik terbarunya, MG4 EV, tebar pesona di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), JIExpo Kemayoran Jakarta, pada 16–26 Februari 2023. Tampilannya yang mencolok, membuat pengunjung penasaran dengan crossover bertenaga 100% listrik tersebut. Meski belum resmi dijual, sudah banyak yang berebut ingin segera meminangnya. Terbukti dari pre-booking yang semula dibuka untuk 100 orang pertama khusus di hari peluncuran saja, melonjak hingga lebih dari 330 pemesan.


MG4 EV menawarkan tampilan futuristik dan kokoh sebagai daya tarik utamanya, jauh lebih modern dan segar dibanding mobil MG pada umumnya. Hal ini berkat LED Galaxy Technology Matrix Headlight serta LED Cygnus Symbol Decorative Taillights di sisi buritan. Tidak terdapat grille di bagian fasia depannya, hanya ada kisi-kisi udara di sisi bawah menyatu dengan bumper. 


Kesan sporty didapat dari Two-tone roof dan twin aero rear wing spoiler yang hadir bersama roofline di sepanjang atapnya. Semakin sempurna dengan lampu belakang LED bar, skid plate di bumper belakang, dan velg aero-data-style.


MG4 EV mengadopsi konsep arsitektur Modular Scalable Platform (MSP) garapan MG Motor. Dimana jarak sumbu roda mulai dari 2.650 mm hingga 3.100 mm. Selain itu, platform MSP ini juga diklaim dapat digunakan untuk paket baterai dari 40 kWh hingga 150 kWh.


“MG4 EV merupakan mobil elektrik pertama yang dibangun berbasis Modular Scalable Platform hasil pengembangan MG. Jadi, MG4 EV ini penuh inovasi yang impresif dari sisi desain penampilan hingga ke intinya, yaitu teknologi baterai sebagai motor penggerak utamanya. Hal tersebut membuktikan komitmen MG dalam mewujudkan green technology sebagai bagian dari gaya hidup yang kian digandrungi generasi muda dunia," kata Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia.

Dijuluki sebagai “Global Pure Electronic Super Power Crossover”, nampaknya MG4 EV begitu siap bertarung sengit dengan Hyundai Ioniq 5. Berbagai keunggulan diboyong utuk menyempurnakan performa mobil ini.


MG4 EV dibekali baterai teknologi terbaru yakni “Rubik’s Cube” yang notabene merupakan penggerak listrik dengan kepadatan daya tinggi. Baterai jenis ini digadang-gadang mampu menopang kendaraannya berakselerasi hingga 100 km/jam dalam waktu 3,8 detik. Dengan top speed menyentuh 160 km/jam.


Kapasitas baterainya sangat besar yakni mencapai 64 kWh, yang dapat mengantar mobil sejauh 425 km. Tenaga maksimalnya 223 HP dengan torsi 250 Nm. Tenaga yang tergolong besar di kelasnya, bahkan mengalahkan Ioniq 5 yang memiliki tenaga 204 HP dan jarak tempuh 384 km. Dari segi suspensi dan kestabilan cukup baik meski bukan yang terbaik.


Terdapat 5 mode berkendara diantaranya; snow, eco, normal, sport, dan custom. Dimana pada mode custom, tenaga, steering, pedal force, hingga energy recovery bisa diatur sesuai keinginan pengendara.


Kelebihan lainnya, mobil listrik ini juga dilengkapi dengan V2L (Vehicle 2 Load) Capability yang mampu menyediakan tenaga listrik untuk dapat mendukung kehidupan sehari-hari terutama saat beraktivitas di luar ruang.


Fitur fast charging tersedia menggunakan rapid charger umum berkapasitas 150 KW, yang mampu mengisi baterai 10-80% hanya dalam waktu 35 menit. 

Perpaduan wheelbase yang cukup panjang yakni 2.705 mm ditambah dengan penggunaan baterai yang tipis, membuat MG 4 EV memiliki kabin, ruang kepala, dan ruang kaki yang luas bahkan pada baris kedua. Benar-benar pure hatchback dengan ukuran yang pas dibandingkan Ioniq 5 yang cenderung terlalu lebar sebagai SUV tanggung.


Untuk kenyamanan selama berkendara, MG4 EV dilengkapi dengan stir yang bisa diatur tilt dan telescopic. Terdapat juga Apple CarPlay dan Android Auto yang bisa diakses dari layar sentuh berukuran 10,25 inci. Pada bagian belakang Rotary Gear Selector, terdapat Wireless Charging Pad untuk mengisi daya gadget Anda. Hanya saja tidak terlalu banyak kantong penyimpanan yang tersedia. Pun tidak ada armrest di baris kedua.


Sementara fitur keselamatan, ada Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Intelligent Speed Limit Assist With Traffic Sign Recognition, Lane Keep Assist Driver Attention Alert, Active Emergency Braking, serta sistem infotainment yang lengkap dengan kamera 360 dan teknologi Intelligent Car Connectivity yang dilengkapi dengan Voice Control, App Remote Control, Online Music, dan Online Map menambah kenyamanan pengemudi.


MG menyediakan aplikasi MG iSMART yang dapat diunduh di smartphone. Sehingga pengguna jadi lebih mudah mengakses berbagai informasi seperti; charging station terdekat, mengoperasikan fungsi pintu mobil dari jarak jauh, juga mengontrol berbagai fungsi dan status MG 4 EV lainnya.


Terdapat 6 pilihan warna, diantaranya; Arctic White, Black Pearl, Camden Grey, Dynamic Red, Holborn Blue, dan Volcano Orange.


Belum ada pernyataan resmi mengenai harga, namun jika dijual dibawah 500 juta, maka nampaknya Hyundai Ioniq 5 harus benar-benar waspada. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi