iklan jual beli mobil

Honda Beri Tips Agar V-belt Motor Matik Tetap Awet

  • Salah satu komponen pada skuter matik yang harus dirawat secara berkala adalah v-belt. Karena letaknya yang tersembunyi di dalam CVT, maka dianjurkan pengecekan oleh ahlinya di AHASS sesuai dengan buku panduan servis.

Surabaya, Otojatim.com - Di musim hujan seperti sekarang ini, kesehatan sepeda motor harus lebih diperhatikan agar tak bermasalah di tengah perjalanan. Salah satu komponen pada skuter matik yang harus dirawat secara berkala adalah Continuous Variable Transmission (CVT).


“Skutik banyak dipilih karena kemudahan pengoperasiannya. Namun pengguna tetap perlu mengetahui bagaimana perawatannya, salah satunya dengan mengenal kinerja van belt (V-belt). Komponen ini memiliki peran esensial karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda,” kata M Bondan Priyoadi, Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.


V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, tapi perannya amat penting dalam menunjang performa skutik tersebut. Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima. 


Penggunaan v-belt sebenarnya telah memiliki patokan umur optimal pemakaian, namun penggunaan setiap pengendara berbeda-beda. Berikut beberapa cara agar v-belt skutik tetap awet:


1. Rutin Cek V-belt

Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km karena umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km, setelah itu harus dilakukan penggantian. Namun hal ini tergantung pada gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor juga bisa memperpendek usia dari v-belt.

 

2. Hati-hati Dalam Menggunakan Aksesoris 

Meskipun aksesoris dapat membuat tampilan skutik makin stylish, namun komponen yang tidak standar ini beresiko merusak komponen lain. Maka demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih aksesoris.

 

3. Penggunaan Skutik Secara Normal

Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas karena sepeda motor yang Anda gunakan bertransmisi matik, sehingga jika tuas gas dimainkan maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Oleh karenanya, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat penting dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan, irit bahan bakar, juga dapat memperpanjang umur v-belt skutik anda.


“Kami sangat menyarankan, pengguna skutik melakukan pengecekan secara berkala di AHASS sesuai dengan buku panduan servis. Dengan demikian kondisi v-belt tetap prima, apalagi ditangani oleh teknisi yang tepat," kata Bondan.


"Di musim penghujan seperti saat ini, konsumen dianjurkan melakukan servis dan membersihkan CVT lebih cepat dari waktu yang seharusnya. Apalagi jika motor habis melewati genangan atau jalan yang banjir,” tambahnya.


Menyambut akhir tahun ini, AHASS akan memberikan voucher diskon senilai 20 ribu untuk jasa service dan pembelian part dan oli yang ada di aplikasi brompit kepada konsumennya.


Aplikasi Brompit sangat mempermudah konsumen Honda dalam berbagai layanan perawatan motor, seperti booking service tanpa antre, Honda Care, dan masih banyak lagi. 


MPM Honda Jatim beserta jaringan bengkel AHASS juga ada layanan Pit Express menawarkan layanan khusus penggantian ban, oli dan fast moving parts lainnya seperti busi, gear seat dan lain-lain dengan cepat tanpa antre.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi