iklan jual beli mobil

Berkendara Aman di Musim Hujan Berkat Fitur Pintar New Peugeot 5008

  • New Peugeot 5008 hadir dengan fitur-fitur keamanan canggih yang membuat pengemudi dan penumpang tetap aman dan nyaman saat melaju di tengah hujan deras. Diantaranya Sensor Automatic Wiping (SAW), Automatic Headlamp (AH), Advanced Grip Control (AGC), ESP, dan Defrost Control.

Jakarta, Otojatim.com - Hujan deras kerap menjadi kendala dalam berkendara. Namun hal ini tidak akan dialami oleh pengguna New Peugeot 5008. Pasalnya SUV premium tersebut sudah ditanamkan fitur pengaman kala menerobos hujan sehingga pengemudi dan penumpang merasa nyaman di sepanjang perjalanan.


Dengan penampilan stylish dan kenyamanan khas mobil Eropa, New Peugeot 5008 hadir dengan sejumlah teknologi keamanan yang cocok mengawal penggunanya di musim penghujan. Diantaranya Sensor Automatic Wiping (SAW), Automatic Headlamp (AH), Advanced Grip Control (AGC), ESP, dan Defrost Control.


“Semua fitur tersebut sangat mudah dioperasikan. Untuk SAW dan AH, pengemudi tinggal mengatur posisi saklar pada tuas yang ada di balik setir. Putar ke posisi automatis saat mesin mobil sudah dinyalakan. Begitu juga dengan ESP dan AGC yang saklarnya ada di cockpit, ketika mobil akan melintas trek berlumpur atau bersalju,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Peugeot.


Sensor Automatic Wiping (SAW)

Fitur SAW merupakan peranti andalan dari generasi terbaru Peugeot. Fungsinya untuk mengaktifkan tuas wiper secara otomatis, terutama ketika mobil terkena rintikan air hujan. SAW akan berfungsi jika sakelar Wiper yang terletak di tuas sebelah kiri kemudi sudah diatur pada posisi Auto.


Dengan demikian pengemudi tidak perlu lagi mengatur kecepatan wiper jika curah hujan semakin deras, karena SAW akan mengatur secata otimatis kecepatan wiper sesuai curah hujan yang turun, juga kecepatan kendaraan saat melaju di bawah rintikan hujan. Alhasil jarak padang ke depan lebih sempurna.


Automatic Headlamp (AH) 

Saat hujan turun, intensitas cahaya di sekitar biasanya ikut berkurang. Maka dibutuhkan penerangan yang cukup agar jarak pandang pengemudi tidak terganggu. Dengan mengaktifkan sakelar Auto AH pada tuas sebelah kanan ketika intensitas cahaya menurun atau redup, lampu secara otomatis akan menyala.

Advanced Grip Control (AGC)

Fitur ini berfungsi memberikan pilihan settingan mobil ketika hendak melewati berbagai medan jalan. Kemudian fitur ESP akan membantu mobil melalui medan jalanan berat. Oleh karenanya Peugeot mengklaim mobil two wheel drive ini punya kemampuan layaknya four wheel drive.


“Fungsi ESP untuk menjaga kestabilan kendaraan dari under/over steer. Sedang AGC adalah optimisasi dari traction control dengan 5 pilihan Grip Level. Diantaranya level Normal, Snow, Mud, Sand dan ESP OFF. Grip level tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan pengemudi yang pengaturannya ada di tengah console dashboard,” kata Samsudin.


Defrost Control

Fitur pengaman saat hujan yang tidak boleh dilupakan yaitu adanya Heated Windscreen serta Rear Screen Demist/ Defrost Control. Fitur tambahan ini berfungsi menghilangkan embun pada kaca depan maupun belakang.


Sebagian besar mobil produksi terbaru sudah menyertakan fitur ini demi mendukung visibilitas pengemudi, terutama jika cuaca hujan. Defrost Control pada kaca depan menggunakan ventilasi udara yang disalurkan dari AC melalui kisi-kisi dashboard atas yang menghadap ke kaca depan. Udara hangat yang dikeluarkan dari ventilasi akan menghilangkan embun yang muncul di kaca depan.


Sementara Defrost Control kaca belakang sering dijumpai berupa garis-garis berwarna oranye. Garis tersebut merupakan struktur tembaga yang disematkan dalam kaca belakang. Tembaga akan memanas ketika diaktifkan, sehingga permukaan kaca menjadi panas dan embun yang menempel akan menguap.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi