iklan jual beli mobil

Tips Yamaha: Stop Angkut Banyak Barang di Motor, Ini Akibatnya

  • Sering ditemukan pengguna sepeda motor yang memaksakan diri membawa banyak barang melebihi batas beban maksimal. Terlihat sepele namum nyatanya ini bisa menimbulkan banyak masalah. Tak hanya kerusakan pada motor, tapi juga mengancam keselamatan pengendara.

Otojatim.com - Tahukan Anda bahwa kendaraan roda dua tidak boleh membawa beban berlebih saat digunakan? Hal ini akan membuat pengendara susah bermanuver dan performa komponen tidak dapat berjalan maksimal. Akibatnya potensi kecelakaan jadi lebih besar.


Dwi Suwanto, Instruktur Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menyampaikan bahwa meski berbahaya, nyatanya masih banyak pengendara yang membawa muatan berlebihan dengan sepeda motor.


“Keselamatan pengguna itu nomer satu. Harus pastikan frekuensi beban tidak mengganggu manuver dan memaksakan kinerja komponen," kata Dwi.


Adapun resiko membawa muatan berlebih adalah sebagai berikut :

1. Boros Bahan Bakar

Kelebihan beban akan membuat mesin mengeluarkan tenaga lebih besar lagi untuk bergerak. Oleh karenanya, konsumsi bahan bakar juga akan semakin boros.


2. Mesin Cepat Panas

Akibat perputaran mesin yang lebih cepat, maka suhunya pun akan semakin meningkat. Jika dibiarkan bisa terjadi overheat dan pastinya mengganggu kesehatan motor Anda.


3. Shockbreaker Belakang Rusak

Shockbreaker menjadi komponen pertama yang harus menahan beban motor. Apabila kerjanya melebihi kapasitas, maka dapat dipastikan shockbraker jadi cepat aus dan rusak.


4. Ban Cepat Aus

Sudah kelebihan muatan, ditambah harus melewati jalan rusak. Maka tak perlu heran jika permukaan ban jadi cepat tipis dan dapat menyebabkan slip.


Yamaha STSJ merekomendasikan pengendara untuk melakukan servis secara rutin di bengkel resmi Yamaha agar performa mesin kendaraan tetap optimal. Dengan demikian Anda bisa terus merasakan sensasi berkendara yang aman dan nyaman.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi