iklan jual beli mobil

Optimalkan Mobilitas Masa Depan, Hankook Tire Perkenalkan i-Flex: Ban Tanpa Udara

  • Hankook Tire melahirkan i-Flex, ban tanpa udara yang sudah dikembangkan tak kurang dari 12 tahun. Jenis ban ini dinilai lebih aman dan minim perawatan sehingga lebih optimal mendukung mobilitas masa depan.

Seoul, Korea, Otojatim.com - Hankook Tire, salah satu produsen ban terkemuka di dunia memperkenalkan non-pneumatik (NPT) 'i-Flex' pada pameran Hyundai Rotem dalam Pameran Pertahanan & Keamanan Korea (DX KOREA) 2022 dari tanggal 21 hingga 25 September.


Hyundai Rotem, sebagai perusahaan industri yang bergerak dalam pembuatan rolling stock, peralatan militer, serta rekayasa pabrik, segera meluncurkan kendaraan multiguna tanpa awak (UGV) yang dirancang untuk operasi militer infanteri. 


UGV Hyundai Rotems mengadopsi konsep  HR-Sherpa, kendaraan tak berawak yang berhasil menunjukkan kemampuan pengintaian dan operasi keamanan pada peringatan KTT ASEAN-KOREA 2019.


NPT Hankook Tire, i-Flex dilengkapi dengan sensor penggerak otomatis yang telah dikembangkan dan diaplikasikan pada UGV tersebut untuk memperkuat fungsinya jika terjadi keadaan darurat.


i-Flex diperuntukkan bagi kendaraan tanpa awak yang melaju di medan off-road. Pada generasi pertamanya ini i-Flex memiliki ukuran 17-inci dengan diameter 730mm, dan lebar 200mm. 


Berbeda dari ban konvensional, i-Flex tidak mengandung udara di dalamnya. Dengan demikian diharapkan lebih dapat menjamin keselamatan apabila terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh kebocoran. Ban ini juga tidak perlu lagi perawatan untuk mengatur tekanan udara, sehingga mobilitasnya jadi lebih optimal dalam segala kondisi.


Mengadopsi desain struktur lengkung ganda, i-Flex dapat menopang beban berat kendaraan dan mendistribusikannya secara merata. Bagian lengkungan luar berfungsi menyerap guncangan tak beraturan yang ditransmisikan dari permukaan off-road, sedangkan lengkungan bagian dalam berfungsi meringankan guncangan parah yang ditransmisikan ke aktuator kendaraan. Antara lengkungan dalam dan luar tersebut, dihubungkan oleh engsel integral, yang dapat memberikan stabilitas.


Teknologi rotasi 360 derajat juga telah diterapkan pada pola ban i-Flex. Sebagaiman kebutuhan kendaraan militer, dinding samping trapesium digunakan untuk mentransmisikan dengan cepat gaya rotasi mesin kendaraan ke permukaan jalan saat kendaraan berputar secara otomatis.


Hankook Tire telah melakukan riset dan pengembangan teknologi ban non-pneumatik sejak tahun 2010. Upaya ini melahirkan i-Flex, ban tanpa udara dengan keamanan, minim perawatan, dan keberlanjutan, yang dapat memberi solusi ideal bagi mobilitas masa depan.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi