iklan jual beli mobil

BBM Naik, Pengguna Xpander Cross Pantang Waswas Berkat Fitur Ini

  • Mitsubishi menyematkan fitur-fitur canggih di dalam mobil-mobilnya yang berfungsi meningkatkan efisiensi bahan bakar. Diantaranya Fitur Cruise Control dan Eco Indicator yang meliputi Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Dengan demikian penggunanya tidak perlu terlalu risau akan kenaikan harga BBM.

Otojatim.com - Ditengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), mengemudi secara eco driving atau berkendara hemat bahan bakar nampaknya menjadi usaha banyak pengendara. Meski bukan hal yang mudah, namun ada pola dan teknik khusus yang terbukti efektif menghemat BBM. Diantaranya dengan mengurangi penggunaan AC, jangan berakselerasi secara tiba-tiba, jaga kecepatan agar tetap konstan, manfaatkan engine brake, dan manfaatkan fitur eco drive di mobil.


PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah melengkapi mobil penumpang mereka dengan fitur-fitur yang bisa membantu penghematan bahan bakar. Diantaranya Eco Indicator yang meliputi Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter, serta fitur Cruise Control.

Fitur Eco Indicator

Fitur Eco Indicator meliputi Drive Meter dan Eco Drive Assist, dimana kedua fitur tersebut berguna memberi arahan pada pengemudi untuk mendapatkan gaya berkendara yang lebih efisien bahan bakar serta ramah lingkungan. 


Fitur inj dapat ditemui pada display panel meter mobil Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, dan Mitsubishi Pajero Sport dengan tampilan daun atau pada tanda informasi 'ECO'.


Saat pengemudi berkendara dengan efisien, maka informasi ECO akan menyala. Sebaliknya, jika tidak efisien maka informasi ECO akan hilang. Semakin efisien pengendara mengemudikan mobil, maka bagian dalam daun yang semula kosong akan terisi dengan warna hijau.


Tentunya ECO Meter dan Eco Drive Assist  ini sangat berguna di tengah kenaikan harga BBM. Sehingga pengendara bisa mengontrol sendiri efisiensi bahan bakarnya.

Fitur Cruise Control

Mobil-mobil Mitsubishi varian menengah dan teratas telah dilengkapi dengan fitur Cruise Control yang membantu pengemudi mendapatkan efisiensi BBM yang sangat baik. Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross dilengkapi dengan Cruise Control konvensional sementara Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control. 


Perbedaannya terletak pada otomatisasi kecepatan kendaraan. Pada Adaptive Cruise Control dapat dengan otomatis menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan. Sebaliknya, Cruise Control masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunannya.


“Cruise control ini sangat membantu terutama saat berkendara pada jalur yang panjang, seperti jalan tersambung dari Jakarta sampai ujung Jawa. Itu membantu banget dan menyenangkan," kata Rifat Sungkar, Pereli Nasional sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia.


“Yang dipakai Xpander adalah cruise control normal. Untuk Xpander, karena kelasnya Small MPV, jadi fitur yang digunakan adalah cruise control normal dimana walau kecepatan bisa dilock, tapi driver awarenes harus tetap ada. sedangkan Pajero itu fiturnya adaptive cruise control dengan pengeraman aktif. Jadi mobil akan mengikuti kecepatan kendaraan yang di depannya. Ini fitur premium makanya adanya di mobil premium," lanjut Rifat.


Biasanya, fitur cruise control bekerja jika mobil melaju minimal 40 km/jam dan akan berjalan sendiri tanpa harus menginjak pedal gas sehingga dapat mengurangi beban kerja pengemudi. Untuk menonaktifkannya, cukup menginjak pedal gas atau rem saja.


Apabila kecepatan maksimal kendaraan diatur dengan konstan saat di jalan tol, maka gaya berkendara Anda jadi lebih hemat BBM. Di saat yang sama juga dapat mempertahankan efisiensi bahan bakar dengan menghilangkan akselerasi dan deselerasi yang tidak perlu.


LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi