Astra Financial: Digitalisasi Semua Lini Memotong Jalur Birokrasi, Customer Happy

Tan Chian Hok, Project Director Astra Financial GIIAS 2022 bersama manajemen meresmikan pembukaan booth GIIAS Surabaya 

Surabaya, Otojatim.com - Komitmen Astra Financial untuk terus menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia terbukti lewat upayanya mengembangkan layanan melalui sejumlah inovasi digital demi memberikan pengalaman yang cepat, mudah, dan aman kepada seluruh konsumen.


Sejalan dengan era digitalisasi dan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, Astra Financial menghadirkan kecanggihan teknologi digital dalam setiap lini bisnisnya. 


Jika dulu dalam mengajukan kredit kendaraan membutuhkan waktu berhari-hari bahkan sampai hitungan minggu hingga mendapat persetujuan, kini semuanya tidak berlaku lagi. Hal ini berkat kecanggihan teknologi digital yang mampu mempersingkat birokrasi.


Dimulai dari sistem absensi karyawan Astra Financial yang mudah sehingga surveyor dapat langsung mengunjungi lokasi konsumen untuk melakukan survey tanpa perlu datang ke kantor dahulu. Hasil survey bisa segera disampaikan kepada analis melalui aplikasi. Dengan demikian proses pengajuan menjadi lebih cepat. 


Ditambah lagi inovasi yang dilakukan sembilan produk terkenal milik Astra Financial, yakni Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), FIFGROUP, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, Maucash, Moxa, dan Seva yang masing-masingnya sudah menerapkan digitalisasi sehingga proses birokrasi dapat dipersingkat.


"Pada 2016, ACC sudah lebih dulu menjadi pionir penyediaan solusi digital bagi pelanggan lewat aplikasi ACCYes! yang menjadi cikal bakal aplikasi ACC­ONE," kata  Vieky Afrian dalam acara "Astra Financial Talk" bersama media sebagai bagian dari rangkaian kegiatan GIIAS Surabaya 2022.


Hal serupa juga dilakukan FIFGROUP yang terus mengoptimalkan pelayanan dengan meluncurkan berbagai layanan digital.


"FIFGROUP memiliki Fiona, yakni layanan digital bagi konsumen, juga FIFGROUP Mobile Customer (FMC) aplikasi yang mempermudah konsumen dalam mendapatkan berita terbaru, terkait program ataupun promo," ujar Dwi Tjahjono, Kawil FIFGROUP.

Kawil FIFGROUP - Dwi Tjahjono, Branch Manager ACC - Vieky afrian, Kawil TAF - Irwan Raharjo, Kawil Asuransi Astra - Muliawansyah

Tak hanya itu, untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, FIFGROUP kembali menghadirkan layanan baru, yakni FINATRA yang fokus pada pembiayaan mikro untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.


Tak mau ketinggalan, TAF juga terus melakukan inovasi demi memberikan layanan terbaik dengan menghadirkan mobile apps FLEXI dan layanan baru TAF Online Services. 


"TAF FLEXI kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen TAF, didukung dengan sistem digitalisasi yang semakin memudahkan konsumen TAF dalam mengajukan dan pengaturan flesibilitas cicilan setiap bulannya," kata Irwan Raharjo, Kawil TAF.


TAF juga melakukan kolaborasi dengan lini bisnis Astra Financial lainnya, seperti TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA, juga kolaborasi TAF dengan ekosistem digital di ranah dealer.


Meski Astra Financial mempunya banyak lini bisnis, customer base tiap anak perusahaan tidaklah sama mengingat target market-nya pun berbeda, sehingga data pribadi tidak saling tumpang tindih.


SEVA sebagai lini bisnis teranyar dari Astra Financial juga memberi dobrakan baru dalam dunia fintech. Mengusung tagline "Jelas Dari Awal", pengguna SEVA dapat menemukan mobil baru, memilih skema pembiayaan yang sesuai, hingga melakukan transaksi pembayaran dalam satu platform digital dengan mudah, nyaman, dan aman.


Ada beberapa fitur unggulan yang menjadikan SEVA istimewa, diantaranya Instant Approval, Car Recommendation, dan Loan Calculator, serta dukungan jaringan terintegrasi dari ACC, TAF, Asuransi Astra, dan outlet dealer rekanan SEVA.


Fitur Instant Approval SEVA akan memudahkan konsumen dalam merencanakan skema pembiayaan kendaraan sesuai dengan kemampuan finansial secara cepat. Bagaimana tidak, SEVA dapat memberikan persetujuan permohonan pembiayaan kendaraan baru hanya dalam 10 menit sejak permohonan diterima dari calon customer.


Kepala Wilayah Asuransi Astra Jawa Timur, Muliawansyah menambahkan, meski sistem digitalisasi Asuransi Astra sudah kian maju dalam memberi kemudahan layanan kepada customer seperti terkait pengajuan klaim, hingga melakukan pembelian terhadap segala kebutuhan otomotif, layanan offline akan tetap dilakukan dengan prima.


"Layanan offline tetap kami lakukan karena memang layanan asuransi harus tatap muka untuk memperkuat omnichannel. Namun diversifikasi dan inovasi terus kami lakukan untuk memberikan value added ke konsumen," kata Muliawansyah.


Inovasi digital yang dilakukan oleh Astra Financial terbukti dapat membantu konsumen. Seperti Radian, warga Surabaya yang ditemui di booth Astra Financial pada gelaran GIIAS Surabaya 2022 yang mengungkapkan kepuasannya atas pelayanan kecepatan layanan SEVA.


"Awalnya saya pikir akan disurvey dulu ke rumah, ternyata hanya masukkan nomor KTP saja sudah bisa langsung di-approve plafon kredit saya, sekarang tinggal memilih mobil yang sesuai," katanya.

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0