Aprilia SRGT

Pemula Wajib Tahu, Ini 6 Trik Kemudikan Motor Matik Ala Yamaha

 


Jakarta, Otojatim.com - Motor matik jadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Penggunaannya yang praktis dan mudah menjadi daya tarik utama bagi pria dan wanita terutama di daerah perkotaan.

Sayangnya, tak banyak pengendara, terutama pemula, yang tahu hal-hal penting yang wajib dipenuhi selama berkendara demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan.

“Berkendara dengan sepeda motor matik perlu pemahaman yang tepat, terlebih bagi pengendara pemula. Maka dari itu, Yamaha melalui Yamaha Riding Academy (YRA) konsisten memberikan pemahaman berkendara motor yang baik agar terhindar dari resiko yang tak diinginkan,“ kata Antonius Widiantoro, selaku Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Tak hanya sekedar bisa menjaga keseimbabgan, ternyata inilah 6 hal yang harus diperhatikan agar pengendara pemula bisa lebih percaya diri dalam berkendara.

1. Gunakan atribut berkendara lengkap

Pakaian dan perlengkapan keamanan sebenarnya adalah langkah dasar dalam keselamatan berkendara. Pakailah helm berstandar SNI, pastikan juga visor helm dalam kondisi tertutup dan tali helm terkunci.

Jangan lupa gunakan jaket atau baju berlengan panjang, celana panjang, serta sepatu tertutup agar tubuh terlindungi dengan maksimal. Bagi wanita, hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi selama berkendara.

2. Perhatikan posisi tubuh saat berkendara

Posisi tubuh harus rileks mulai dari kepala, tangan, badan, dan kaki. Posisi tangan sebaiknya menyiku (seperti memeluk bola besar), hindari posisi tangan yang lurus karena akan membuat keseimbangan berkurang terutama saat mengerem dan berbelok. Dengan begini keseimbangan motor menjadi lebih baik dan stabil.

3. Pahami penggunaan rem depan, belakang, dan kombinasi

Saat jalanan macet, gunakanlah rem belakang dan hindari penggunaan rem depan terutama saat berbelok melewati beberapa kendaraan karena akan membuat keseimbangan sepeda motor berkurang.

Pada kecepatan menengah sampai tinggi, disarankan gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan pengoperasian tuas rem perlahan. Jangan mengerem secara kasar atau hard braking karena bisa mengakibatkan ban mengunci atau slip.

4. Pahami penggunaan handle gas

Meskipun terkesan mudah, penggunaan handle gas juga perlu perhatian lebih. Oprasikan gas secara perlahan atau halus sehingga tenaga motor mudah dikendalikan. Hindari pembukaan gas secara cepat atau spontan karena motor menjadi sulit dikendalikan.

5. Menguasai berbagai karakter jalan

Saat berkendara, karakter jalanan seperti tikungan, turunan, tanjakan, jalan bergelombang, dan kemacetan tak dapat dihindari. Maka sangat penting bagi pengendara untuk menguasai medan sehingga lebih percaya diri dan mengurangi potensi kecelakaan. Sebisa mungkin, hindari berkendara di jalanan yang terlalu padat, juga hindari jalanan yang terlalu sepi dan gelap.

6. Memilih sepeda motor yang mudah dikendarai

Body motor yang kompak, ramping, ringan, dan ramah untuk anak-anak adalah pilihan motor matik terbaik bagi pengendara pemula. Contohnya Yamaha Gear 125 yang memiliki desain tangguh, body yang ringan, teknologi Blue Core generasi terbaru dengan Smart Motor Generator (SMG) sehingga suara mesin lebih halus serta membuat performa lebih kuat, handal, serta efisien bahan bakar.

Motor ini juga dilengkapi fitur unggulan yang mendukung kepraktisan dan kenyamanan berkendara bersama anak. Juga terdapat electric power socket yang dapat mengisi daya baterai smartphone pengendara agar always on.

Gantungan ganda (double hook) dan rak aksesoris besar di bagian depan bisa menampung lebih banyak barang. Pijakan kaki anak juga tersedia sehingga anak lebih nyaman saat berboncengan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga performa sepeda motor dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi atau terpercaya.

Bagi pengendara sepeda motor Yamaha, dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha App untuk membantu pengendara mengetahui kondisi motor berdasarkan riwayat servis, mengingatkan jadwal servis dengan adanya servis reminder, buku panduan pemilik, informasi garansi, hingga pencarian dealer resmi Yamaha terdekat.

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0