Aprilia SRGT

Jangan Sepelekan Kondisi Shockbreaker, Yamaha Peringatkan Hal Ini

 


Surabaya, Otojatim.com - Shockbreaker atau peredam kejut menjadi salah satu komponen yang berguna untuk meminimalisir getaran atau guncangan suatu kendaraan, terutama saat melewati jalanan berlubang. Selain itu, shockbreaker juga berfungsi untuk menjaga agar bearing ban dapat bekerja dengan baik. 

Melihat pentingnya komponen ini dalam kenyamanan dan keamanan pengendara,  PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) memperingatkan agar seluruh pengguna kendaraan roda dua untuk merawat shockbreaker kendaraanya agar selalu dalam keadaan prima.

"Jika shockbreaker tidak berfungsi dengan baik, sudah pasti akan mempengaruhi kondisi fisik pengendara yang menjadi tidak nyaman, cepat pegal dan lelah. Malah bisa jadi merubah posisi atau setelan komponen motor lainnya,” ungkap  Dwi Suwanto, selaku Instruktur Servis Yamaha STSJ.

Dwi pun membagikan tips bagaimana cara menjaga shockbreaker agar tetap awet.

1. Jaga kebersihan shockbreaker
Kotoran yang menempel dalam waktu  lama akan membuat seal shockbreaker. 

2. Hindari jalanan yang tidak rata
Shockbreaker akan mendapat beban yang lebih besar jika kendaraan menerjang jalanan berlubang. Kalaupun anda terpaksa harus melewatinya, usahakan untuk berkendara dengan lebih pelan dan hati-hati.

3. Jangan membawa beban terlalu berat
Terlalu sering membawa beban berat melebihi kapasitas wajar dapat mengganggu suspensi kendaraan sehingga shockbreaker juga akan bekerja extra. 

4. Hindari modifikasi shockbreaker Memasang aksesoris di shockbreaker dengan tujuan mempercantik tampilan ternyata dapat mengganggu kinerja dari shockbreaker tersebut.

5. Jangan lupakan kunci cakram/roda depan
Usahakan pemasangan kunci cakram tidak terlalu rapat dan jangan lupa untuk melepas kuncinya sebelum motor digunakan.

6. Teratur mengganti oli shockbreaker Biasanya penggantian oli ini dilakukan setiap 2-3 tahun sekali. Namun, jika kendaraan terlalu sering melewati medan yang berat, penggantian harus dilakukan lebih dini.

Anda bisa melakukan pemeriksaan komponen kendaraan secara berkala di bengkel resmi Yamaha. Teknisi Handal Yamaha akan memberikan pelayanan terbaik guna menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara sepeda motor Yamaha. 

Informasi bengkel resmi Yamaha dapat diakses lewat website www.yamaha-stsj.com atau telepon CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0