5 Hal Penting Perhatikan Saat Berkendara Boncengan Sepeda Motor

materi safety riding honda

Surabaya, Otojatim.com - Di Indonesia, banyak pengendara sepeda motor yang berboncengan, yang umumnya bersama anggota keluarga. Hal yang harus disadari adalah berboncengan membutuhkan konsentrasi lebih tinggi bagi pengendara.

Saat berboncengan baik jarak jauh maupun dekat, ada 5 hal yang perlu diperhatikan demi keselamatan maupun rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Mengenal Lebih Jauh Tentang #Cari_Aman Berkendara Dengan Motor Honda

1. Pakailah Riding Gear
Gunakan perlengkapan keselamatan ketika berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Plus jas hujan untuk berjaga-jaga. Ini berlaku bagi pengendara maupun pembonceng.

Memang dengan perlengkapan belum tentu mencegah terjadinya kecelakaan tetapi perlengkapan berkendaran ini akan mengurangi dampak negatif ketika kita terjadi kecelakaan.

2.Teknik Berboncengan

Ada teknik berboncengan yang harus dipahami pengendara dan penumpang belakang. Posisi tangan boncengers merangkul pada bagian perut pengendara, fungsinya sebagai pegangan agar badan tidak mengayun ke belakang.

Selanjutnya posisi lutut menjepit ringan pinggang pengendara, posisi ini bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh pengendara di atas motor dengan kakinya. Bagi wanita tidak disarankan untuk bonceng miring karena akan mengganggu keseimbangan.
training safety riding honda
“Apabila berboncengan dengan membawa anak kecil, posisi anak harus berada di belakang pengendara. Tidak disaramkan membawa posisi anak di depan karena bisa mengganggu konsentrasi berkendara.” kata Dimas Satria, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

3. Cek Kondisi Kendaraan
Pastikan kondisi motor dalam kondisi prima terutama soal tekanan angin dan rem. Kurang angin akan membuat kendaraan kurang nyaman dan bahan bakar menjadi boros.

4. Jangan Membawa Barang Bawaan Terlalu Banyak
Kelebihan muatan akan meningkatkan risiko bahaya, karena keseimbangan sepeda motor bisa terganggu akibat berat barang bawaan yang diangkut. Bisa mengganggu keseimbangan yang berakibat fatal.

Perkuat Kampanye Keselamatan Berkendara, AHM Perkenalkan Tagline Cari Aman

“Pastikan ketika berboncengan motor hanya terdiri dari dua orang dan tidak membawa barang terlalu banyak,” ujar Dimas

5. Kontrol kecepatan.
Setiap pengendara punya batas kecepatan yang paling yang harus dijaga ketika berkendara. Lebih baik membuat rencana perjalanan bila akan melakukan perjalanan jauh. Mengecek kondisi lalu lintas lebih awal dari berbagai aplikasi dan mencari jalan alternatif yang bisa dilalui agar tidak terjebak dalam kemacetan.

“Pastikan ketika berkendara dengan tetap #Cari_Aman. Penting bagi kita sebagai pengendara sepeda motor untuk menaati peraturan serta bijak dalam kesadaran berkendara, apalagi dengan membawa orang yang dicintai agar nyaman dan aman," pungkas Dimas.
pelatihan safety riding honda
LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0