Euro 4: Toyota Hiace dan Dyna Dapat Mesin Baru Lebih Bertenaga

NEW HIACE COMMUTER euro 4

Jakarta, Otojatim.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara bersamaan menghadirkan New Hiace dan New Dyna untuk memenuhi kebutuhan di sektor komersial serta mendorong roda perekonomian nasional.

Selain itu, kehadiran keduanya juga menyambut era baru aplikasi standar emisi EURO 4 untuk mesin diesel yang mulai berlaku pada April 2022 serta pelaksanaan aturan ODOL (Over Dimension & Over Loading) untuk kendaraan pengangkut barang sehingga pelanggan fleet dapat memanfaatkan keduanya secara optimal dalam menjalankan bisnis perusahaan.

“New Hiace diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan industri wisata, travel, kesehatan dan industri lainnya dengan meningkatkan kinerja engine yang lebih bertenaga dan efisien, serta improvement pada beberapa feature untuk memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik kepada pelanggan. Sementara New Dyna diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan logistik dengan mesin yang berperforma tinggi dan design yang lebih gagah. Baik New Hiace dan New Dyna kini juga telah lolos uji emisi EURO 4 sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

New Hiace Hadir dengan Tampilan yang Lebih Segar dan Fitur yang Lebih Komplit
PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan generasi terbaru Hiace yang terkenal dapat diandalkan. Keandalan Hiace untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis dapat terlihat dari angka penjualannya yang terus meningkat di setiap tahun. Tercatat, meski di tengah pandemi Covid-19, penjualan Hiace tetap menguasai segmen Commercial Van.

Pada tahun 2020, whole sales data Hiace tercatat sebesar 1.886 unit atau menguasai 92,86% pangsa pasar. Sementara tahun 2021, sales Hiace sebesar 2.253 unit atau menguasai 97,87% pasar di kelasnya. Terjadinya pertumbuhan dalam kondisi sulit menunjukkan value Hiace dan loyalitas pelanggan yang kuat kepada produk komersial Toyota ini.

Sebagai kendaraan komersial dengan ‘jam terbang tinggi', Toyota meningkatkan kinerja mesin diesel pada Hiace Commuter dengan memasang power unit 1KD-FTV 2.982 cc bertenaga 136 PS pada 3.400 rpm dan torsi 30,6 Kgm pada 1.200 – 2.400 rpm, disalurkan melalui transmisi manual yang ekonomis dan berdaya tahan tinggi ke roda belakang.

Penambahan kapasitas mesin merupakan upaya memperkuat kemampuannya mengangkut penumpang di segala medan jalan, meningkatkan kualitas berkendara, serta membuat Hiace Commuter lebih efisien dalam mengolah bahan bakar. Ditambah, mesin diesel Hiace juga sudah memenuhi standar Euro4.

Adapun beberapa sentuhan penyegaran diberikan pada Hiace Commuter 16-seater. Pada tampilan eksterior, terdapat New Electric-Retractable Outer Mirror, New LED Foglamp, serta pilihan warna Silver Metallic dan White. Untuk memudahkan parkir, didukung dengan New Parking Sensor.

Terdapat juga tambahan fitur USB Charging sebanyak 4 ports untuk memastikan seluruh penumpang memperoleh akses charging baterai smartphone. Hiace Commuter juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti 3-Points Seat Belt di seluruh bangku, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai safety features.

Model tertingginya Hiace Premio tetap mengandalkan mesin 1GD-FTV 2.800 cc 4 silinder VNT Intercooler melewati transmisi manual 6-speed yang sudah terbukti ketangguhannya sejak 2019. Apalagi sekarang unit diesel ini sudah memenuhi aturan emisi EURO 4. Dapur pacu ramah lingkungan ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 176,8 PS pada 3.400 rpm dan torsi 42,8 Kgm pada 1.400 – 2.600 rpm.

Desain luar Hiace Premio yang modern dan berkelas juga mendapatkan tambahan New Parking Sensor. Sementara fiturnya kini dilengkapi dengan USB Charging sebanyak 4 ports, New Parking Camera, dan Display Audio AVX 7 Inch guna memenuhi kebutuhan hiburan seluruh penumpang.
NEW HIACE PREMIO euro 4
Sebagai model paling mewah dengan menawarkan kenyamanan kabin, Hiace Premio memiliki 10 Rear Seat Number and Arrangement untuk memastikan seluruh penumpang dapat menikmati perjalanan dengan rileks dan tenang.

Selain itu, New Hiace juga telah dilengkapi dengan layanan after sales manfaat program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis ke-6 (maksimal 4 tahun / 50.000 KM mana yang tercapai lebih dulu). Manfaat program ini dapat dinikmati di seluruh diler resmi Toyota di Indonesia.

New Dyna Hadir dengan Mesin yang Lebih Bertenaga dan Design yang Lebih Modern
New Dyna kini hadir dengan line-up baru melalui 3 tipe yaitu 115 ST 4x2 5 MT, 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT, dan 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT (PTO). Power Take Off (PTO) adalah fitur yang menyalurkan tenaga mesin untuk menggerakkan perangkat lain seperti alat untuk mengangkat bak pada dump truck.

Bersamaan dengan pelaksanaan aturan standar emisi EURO 4 untuk diesel engine, Toyota memasang mesin baru N04C-W 4.000 cc. Tidak hanya ramah lingkungan, powertrain New Dyna memiliki tenaga dan torsi lebih besar, serta lebih efisien.

Tercatat, tenaga yang dihasilkan mencapai 115 PS pada 2.500 rpm dan torsi 36 Kgm pada 1.200 – 2.200 rpm untuk 115 Series. Sedangkan untuk 136 Series, tenaganya mencapai 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi 40 Kgm pada 1.400 – 2.500 rpm. New Dyna 115 Series masih memanfaatkan transmisi manual 5-speed, sedangkan 136 Series memanfaatkan transmisi manual 6-speed baru.
NEW DYNA euro 4
Penggunaan dapur pacu baru juga sebagai upaya untuk meningkatkan GVW (Gross Vehicle Weight) guna memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap kemampuan New Dyna dalam membawa barang sesuai regulasi Zero ODOL (Over Dimension & Over Loading). Pada 115 Series, GVW meningkat dari 5,2 Ton menjadi 5,4 Ton, sementara pada 136 Series, GVW meningkat dari 8,25 Ton menjadi 8,6 Ton.

Tidak hanya pada mesin, improvement juga dilakukan pada beberapa detail eksterior dan interior truk sebaguna ini. Di antaranya adalah:

  • More Tough Look Design pada bumper dan grille depan
  • Desain baru pada lampu utama dan panel bodi depan
  • Logo Toyota yang lebih besar, New Design with White Color Lens Foglamp
  • Dudukan spion samping sewarna bodi
  • Grade sticker dan stiker EURO 4 sebagai penanda sudah sesuai regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah.
  • New Dyna hadir dengan warna bodi ikonik yaitu Red.


Masuk kebagian dalam, warna kabin diubah lebih gelap agar tampil lebih gagah . Termasuk beberapa sentuhan ringan seperti desain terkini blower AC ditambah boost ventilator, desain baru pada center cluster dan mobile stand, lokasi laci penyimpanan baru di bawah dashboard, serta seat cover yang kini berwarna dark brown dengan pola desain anyar.

“Kami bersyukur produk-produk komersial kami yang terus kami kembangkan dari waktu ke waktu dapat memenuhi ekspektasi pelanggan dan masih menjadi salah satu pilihan utama para pelaku bisnis. Kami harap hadirya New Hiace dan New Dyna dapat mendorong pertumbuhan berbagai sektor ekonomi dengan pesat, serta menjadi bagian dari upaya kami dalam mendukung Pemerintah Indonesia dalam menekan angka emisi CO2 kedepannya, “kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi