Mesin Honda Civic Type R Sudah Siap Race Tanpa Modif

modif mesin Honda Civic Type R

Jakarta, Otojatim.com - Honda Racing Indonesia (HRI) akan mengikuti agenda balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) yang akan digelar di sirkuit Sentul khususnya pada ajang Super Touring Car Racing (STC-R) 3.600 cc.

Dengan spesifikasi standar pabrikan yang mumpuni, Honda Civic Type R besutan Alvin Bahar sudah siap diterjunkan untuk mengikuti balap di kelas ISTCR 3.6 pada gelaran ISSOM musim 2022 ini.

New Honda Civic Type R Resmi Menjadi Official Car Tim Red Bull Racing & Scuderia Alphatauri

Hal tersebut dikatakan Alvin Bahar saat PT Honda Prospect Motor (HPM) mengadakan virtual press conference untuk mengumumkan keikutsertaannya pada beberapa ajang kejuaraan sepanjang tahun 2022 dengan komposisi pembalap baru (11/3).

"Mesin Honda Civic Type R minim modifikasi dalam balapan nanti, namun beberapa part yang harus diganti sesuai dengan regulasi keselamatan, antara lain kursi standar diganti dengan bucket seat, seat belt 6 titik, roll cage serta kelengkapan pemadam," urai Alvin.

Honda Serahkan 10 Unit Civic Type R Kepada Konsumen Perdana Di Indonesia

New Honda Civic Type R menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm yang disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

New Honda Civic Type R juga dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang lebih responsif dan juga stabilitas kecepatan tinggi yang telah ditingkatkan.

Honda Civic Type R Teranyar Pecahkan Rekor Di Sirkuit Tersulit Dunia

"Selain itu juga ada modifikasi di suspensi dan pengereman serta cooling system, karena nantinya mobil standar ini akan dipacu secara maksimal antara 10 hingga 15 lap di Sentul," imbuh pembalap senior Honda tersebut. 

Sirkuit Sentul yang nantinya digunakan sebagai ajang balap mempunyai trek lurus sepanjang 900 meter, memenuhi standar Internasional yang mewajibkan trek lurus minimal 800 meter.

Di trek lurus Sentul, Honda Civic Type R ini tembus 216 km/h di speedo meter. Setara dengan 205 km/h versi GPS. Dikatakan Alvin.

Civic Type R, Mahakarya Honda Terhadap Legenda Jalanan

Sementara itu Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan bahwa Honda Civic Type R sampai sekarang masih dijual di dealer resmi Honda.

"Masih dijual, tahun lalu kami masih jual kurang lebih 10 unit," ujar Yusak.

Di press conference kali ini, HRI turut memperkenalkan pembalap baru Naufal Rafif Busro yang masih  berusia 15 tahun. Sebelumnya telah mengikuti berbagai ajang balap bergengsi seperti Honda Brio Speed Challenge (HBSC) tahun 2021 sebagai juara dan tahun 2019 sebagai juara kedua, kejuaraan ITCR Kejurnas tahun 2021 sebagai juara pertama dan juara ketiga pada tahun 2019.

HPM Gelar Honda Decal Competition Untuk Honda Civic Type R

"Dengan bangga kami memperkenalkan komposisi baru untuk musim 2022 dari kelas, mobil, hingga pembalap baru. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen kami untuk terus memajukan kejuaraan balap di Indonesia serta mendukung para pembalap muda sejalan dengan semangat Everyone Can Race yang selalu kami usung," tutup Yusak.

Jadwal ISSOM 2022
  • Seri 1: 13 Maret 2022
  • Seri 2: 26 Juni 2022
  • Seri 3: 24 Juli 2022
  • Seri 4: 21 Agustus 2022
  • Seri 5: 25 September 2022
  • Seri 6: 23 Oktober 2022
  • Seri 7: 27 November 2022
civic type r modifikasi

civic type r ek9
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi