Astra Financial & Logistic Hadirkan Program I Care, I Share Dukung UMKM Disabilitas di GIIAS 2021

astra financial giias 2021Penyerahan dana bantuan bergulir secara simbolis dilakukan oleh GFC Leader Communication & ESR - Yulian Warman dan Project Director GIIAS 2021 - Gunawan Salim kepada perwakilan UMKM penyandang disabilitas yang diwakili oleh Tri Wardoyo sebagai ketua dari  Persatuan Tuna netra Indonesia dan Malik sebagai pemilik UMKM Malik Jaya.

JAKARTA, Otojatim.com - Astra Financial & Logistic (AFL) mengundang pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) untuk berpartisipasi dalam program I Care, I Share yang bertujuan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari teman-teman penyandang disabilitas.

I Care, I Share merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) oleh AFL yang mengambil momen GIIAS sebagai sarana untuk mengajak para pengunjung agar tidak hanya datang melihat dan berbelanja di pameran otomotif tersebut tetapi juga turut berpartisipasi mengulurkan tangannya membantu para pelaku UMKM yang juga merupakan penyandang disabilitas.

Menariknya, partisipasi pengunjung di dalam program CSR ini dapat dilakukan di booth AFL dengan mudah dan juga menyenangkan, tanpa mengeluarkan dana sepeserpun. Pengunjung dapat membuat avatar dengan melakukan pengambilan foto melalui papan reklame digital dan menyesuaikan penampilan karakter avatar tersebut.

Selanjutnya, pengunjung diminta untuk membuat pesan semangat bagi orang lain atau harapan positif mengenai campaign yang diusung. Setelah itu avatar beserta pesan yang ditulis akan muncul ke LED raksasa di booth AFL bersama dengan avatar dari pengunjung lainnya. Agar lebih mudah mengajak teman berpartisipasi, pengunjung juga dapat membuat avatar mereka menjadi sticker yang dapat dibagikan melalui WhatsApp.

“Pengunjung booth AFL yang berpartisipasi dengan cara mengambil foto dan membuat avatar beserta ucapan semangat dan harapan ini akan membantu teman-teman penyandang disabilitas yang juga merupakan pelaku UMKM, karena atas setiap partisipasi tersebut akan kami konversikan menjadi sebuah donasi senilai Rp 100 ribu untuk mereka,” jelas Group Function Committee Leader Corporate Communication & ESR AFL, Yulian Warman.

Selama GIIAS berlangsung, AFL menargetkan terciptanya 1.000 avatar dan pesan semangat. Dana bantuan dan juga program pelatihan kemudian akan dilaksanakan setelah GIIAS 2021 selama 12 bulan ke depan.

Sebelumnya, program I Care, I Share juga telah dilaksanakan oleh AFL saat menjadi sponsor utama GIIAS 2019. Program I Care, I Share pada tahun tersebut berhasil mengumpulkan dana senilai 100 juta rupiah yang kemudian disalurkan untuk pengembangan UMKM yang dikelola oleh penyandang disabilitas.

Program I Care, I Share bertujuan untuk memberdayakan UMKM disabilitas melalui tiga pilar utama. Pada pilar pertama, AFL menyalurkan bantuan dana bergulir untuk pengembangan usaha UMKM. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan program fasilitas berupa pelatihan pengembangan bisnis UMKM agar dapat lebih maju dan mandiri. Setelah itu, UMKM tersebut juga akan dibantu untuk terhubung dengan komunitas UMKM disabilitas agar dapat memberikan dampak sosial yang lebih luas.

Hilmy Car/Motorcycle Wash Disability menjadi UMKM terpilih untuk menerima program I Care, I Share sebelumnya. Pada awalnya, Hilmy Car/Motorcycle Wash Disablity sempat mengalami penurunan jumlah konsumen hingga 3-5 unit motor dan 1-3 unit mobil per hari akibat dari pandemi Covid-19. Namun. setelah melalui pembangunan fasilitas yang lebih baik dari AFL, terjadi peningkatan konsumen yang signifikan hingga 15-20 unit motor dan 5 unit mobil per harinya.

Kontribusi AFL Selama Pandemi
I Care, I Share merupakan bagian dari rangkaian program CSR AFL selama berlangsungnya GIIAS 2021, terutama dalam pemberdayaan ekonomi kreatif. Selama pandemi, AFL juga turut berpartisipasi membantu tenaga kesehatan dan masyarakat melalui sumbangan berupa sembako, ventilator, dukungan vaksinasi, ambulans, pembinaan UMKM, dan bantuan lainnya dengan total nilai bantuan yang disalurkan mencapai Rp 51,71 miliar.

Seluruh program CSR AFL, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya selama masa pandemi Covid-19 hingga memasuki era new normal saat ini. Selain itu, dengan adanya program CSR AFL ini, diharapkan juga dapat berkontribusi bagi pemulihan ekonomi melalui berbagai program yang telah dilaksanakan, termasuk program I Care, I Share untuk UMKM disablitas selama GIIAS 2021 berlangsung.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi