iklan jual beli mobil

Test Ride All New PCX 160 di Workshop Jurnalis Bersama MPM Honda Jatim

kelebihan kekurangan honda pcx 160
Test ride Honda PCX 160

Otojatim.com - PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT mengajak awak media untuk menjajal langsung rasa berkendara All New Honda PCX 160 di MPM Safety Riding course, Sedati, Sidoarjo (01/03). Di sini kami menemukan kelebihan dan kekurangan yang ada pada Honda PCX 160.

Agenda test ride pada hari itu juga diselipkan workshop technical untuk mengupas fitur dan teknologi yang ada pada All New Honda PCX 160cc.

Vinensia Kenanga, Corporate Secretary MPM mengatakan,“Kami ingin mengenalkan inovasi dan ubahan baru yang ada di All New Honda PCX. Semoga acara workshop dan test ride ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman lebih baik tentang fitur dan teknologi All New Honda PCX.”

Baca: Harga Honda PCX 160 Surabaya

Di lapangan aspal milik MPM ini, trek lurusnya tidak terlalu panjang sehingga betotan gas tidak bisa penuh saat membawa skutik ini berakselerasi. Alhasil 20 meter sebelum tikungan pertama cuma menyentuh kecepatan 50 km/h sebelum bermanuver.
Honda-PCX160 keunggulan dan kelemahanHampir semua ukuran bertambah

Selebihnya lintasan dipenuhi dengan bentuk chicane S dan setengah lingkaran yang memang bertujuan untuk mendapatkan feeling berkendara dari pengujian produk sepeda motor Honda.

Pembawaan matic premium ini sangat tenang, bahkan mirip naik kapal. Hal ini dikarenakan dimensinya memang lebih panjang daripada versi 150. Ubahan pada sasis, ukuran ban dan suspensi baru membuat pengendalian skutik bongsor ini lebih mantap dan presisi.

Berkat fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control), tidak kuatir ban belakang selip meski melibas tikungan di aspal yang berkerikil. Secara elektronis, ECU akan mencegah putaran ban belakang berlebih bila mendapati kondisi jalan licin. Sensornya ada di kedua ban.

Untuk keselamatan, All New Honda PCX 160 ini dibekali juga dengan sistem ABS, agar ban depan tidak mengunci saat dilakukan pengereman mendadak dan motor tetap bisa dikendalikan.

Menurut kami, motor ini sangat cocok untuk dipakai turing jarak jauh. Kenyamanan dan bantingannya empuk. Dijelaskan oleh Teguh Hariyanto, Technical Service MPM, jarak travel suspensi (stroke) PCX 160 ini memang lebih panjang daripada pendahulunya, sehingga peredaman terhadap getaran menjadi lebih baik.
kelebihan dan kekurangan honda pcx 2021Bodi bongsor tongkrongan mirip moge

Suspensi belakang dengan panjang 375mm serta diameter per lebih besar yakni 6,70 mm. Efeknya pada kestabilan berkendara. Shockbreaker belakang sudah dibekali inner cover shock sehingga meminimalisir debu masuk yang menyebabkan kebocoran.

Lebih lanjut, sebelum getaran suspensi depan terasa sampai ke handle bar, sudah diredam terlebih dulu dengan bantalan rubber mounting pada area komstir. Dijamin bebas bunyi-bunyian yang sering muncul pada motor matik.

Dari uji coba ini kami menemukan karakter Honda PCX 160 yang mungkin kurang mendapat nilai lebih di lintasan pengetesan yang berliku dan sempit. Dengan dimensi yang lebih panjang, Honda PCX 160 lebih nyaman dikendarai secara santai seperti sunmori, dan kurang ideal bila dipakai terburu-buru menembus kemacetan karena bodi bongsornya tidak terlalu lincah.

Setelah test ride, materi kelas workshop New PCX disampaikan oleh Naim Muhdori, Technical services & Development Honda PT.MPM. membedah total secara detail New PCX dan fitur-fitur baru yang ada.

Pada sektor engine, sistem eSP+ meningkatkan power dan mengurangi friksi atau gesekan. Terdapat mekanisme 4 katup sehingga mengoptimalkan pembakaran dan efisiensi gas buang dipadukan dengan perbandingan kompresi tinggi.  Perubahan lain yakni askruk lebih rigid dengan roller bearing yang lebih minim gesekan dan getaran askruk.
technical training honda pcxWorkshop untuk jurnalis, technical training Honda PCX 160

Selain itu mesin juga dibekali piston oil jet yang menyemprotkan oli tepat pada bagian belakang piston. Berbeda dengan model lama yang mengandalkan pelumasan dari 'cawukan' poros engkol. Efeknya kini pendinginanan lebih efisien dan mencegah knocking, performa makin meningkat.

Tensioner rantai kamprat mengadopsi model hidrolis yang lebih efisien meredam getaran dan gesekan, juga perubahan sektor CVT sekaligus air intake system.

Untuk akomodasi, kini bagasi lebih luas, volume tanki bensin lebih banyak. Dan lebih praktis mengisi ulang baterai smartphone karena langsung terhubung dengan USB charger 5Volt/2.1 Ampere.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi