iklan jual beli mobil

Usia Setengah Abad, Inilah Deretan Mobil Legendaris Mitsubishi. Xpander Paling Fenomenal!

Otojatim.com - 2020 ini Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan hari jadinya yang ke-50. Lahir pada 1970, MMC didirikan oleh Mitsubishi Heavy Industries, Ltd.


“MMC memulai lembaran baru sebagai produsen otomotif kendaraan Mitsubishi Motors yang eksis hingga hari ini dan produknya telah dipercaya di seluruh dunia. Dalam kurun waktu setengah abad, Mitsubishi Motors telah menghasilkan berbagai mobil legendaris dan juga mobil-mobil berteknologi tinggi di eranya,” ujar Ryoichi Inaba, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Berikut ini kendaraan Mitsubishi terbaik yang hadir dalam lima dekade terakhir dan menjadi mobil bersejarah bagi Mitsubishi Motors.

Dekade 1970-an
Masih banyak yang belum mengetahui bila Mitsubishi Motors pernah mengikuti lomba balap Formula. Padahal pada zaman 1970-an ini Mitsubishi sudah berpartisipasi dalam ajang balap perdana Japan Grand Prix mebggunakan Colt F2000. Dulu, ajang balap Formula sangat kompetitif di Jepang, dan Mitsubishi Colt F2000 yang mengaplikasikan teknologi pesawat terbang pada F2000 berhasil menjadi juara hingga lima kali.
 
Era ini mengawali sejarah Mitsubishi di dunia balap hingga hari ini. Tidak hanya di balap Formula, tapi juga di balap reli lewat Mitsubishi Galant GTO dan juga Lancer 1600GSR menjadi kampiun di Southern Cross Rally dan WRC Safari Rally. Inilah embrio lahirnya sedan yang paling fenomenal, yaitu Galant dan Lancer.

Dekade 1980-an
Pada era 80'an Mitsubishi Motors mulai mengembangkan kendaraan SUV. Awalnya pabrikan Jepang ini sudah punya kesepakatan dengan brand asal Amerika yaitu Willys. Namun hal ini malah membuat Mitsubishi tidak bisa mengekspor mobil 4x4, sementara demand semakin meningkat.

Baca: Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate
 
Berpijak dari sini, Mitsubishi menciptakan SUV legendarisnya yaitu Pajero dengan penggerak empat roda yang dikembangkan sendiri. Versi pertama Pajero ini hadir dengan bodi pendek dengan 3 pintu dan beratap kanvas serta metal. Baru pada 1983, keluarlah Pajero sasis panjang dan diterima dengan baik oleh konsumen Mitsubishi.

pajero pertama
Pajero generasi pertama
Ketangguhan Mitsubishi Pajero pun diakui dengan berhasil meraih juara dunia di Paris-Dakar hingga 12 kali mulai 1985. Sejak saat itu, nama Pajero menjadi SUV legendaris di seluruh dunia.

Dekade 1990-an
Pada era 1990-an ini, Mitsubishi Motors melahirkan banyak mobil yang cukup fenomenal. Ada jenis sport coupe seperti Mitsubishi Eclipse untuk pasar Amerika, hingga Mitsubishi GTO yang berpenggerak AWD.
mitsubishi lancer evo wrc
Lancer

Tidak ketinggalan, di era 1990-an ini juga Mitsubishi melahirkan mobil reli yang mengguncang ajang WRC yaitu Lancer Evolution. Sedan empat pintu ini diproduksi massal sebagai homologasi untuk bisa ikut membalap direli WRC. Hingga akhir 1990-an, tercatat ada enam generasi Lancer Evolution yang diproduksi oleh MMC.

Baca: Recall Mitsubishi Lancer

Dekade 2000-an
Awak milennium, Mitsubishi Motors masih berkutat dengan mobil sedan Lancer Evolution hingga Evo X yang menjadi edisi pamungkasnya. Bersamaan dengan itu, Mitsubishi juga menelurkan beberapa mobil penumpang yang dijual di beberapa negara.

Seperti mobil keluarga atau MPV Mitsubishi Grandis yang juga sempat hadir di Indonesia. Grandis ini merupakan MPV lanjutan dari Mitsubishi Chariot yang hadir di era tahun 1990-an. Kemudian di dekade 2000-an ini juga Mitsubishi Motors mulai memproduksi Mitsubishi Triton generasi keduanya di Thailand.

triton
Triton

Triton generasi ini juga merajai Indonesia, dan kemudian lahirlah SUV Mitsubishi Pajero Sport yang mengambil basis dari Triton. Sejak saat itu Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini pun menjadi mobil SUV andalan Mitsubishi Motors di Indonesia.

Baca: Test Drive New Triton, Pikap Tangguh Nan Canggih Lintasi Bromo-Gumitir

Dekade 2010-an
Ini merupakan era di mana Mitsubishi Motors juga banyak mencatat sejarah terutama di segmen kendaraan penumpang. Karena di era inilah, Mitsubishi sukses menghadirkan Mitsubishi Xpander dan juga Xpander Cross.

xpander
Xpander

Mitsubishi Xpander menjadi kendaraan yang fenomenal di Indonesia dan juga negara-negara ASEAN lainnya. Xpander merupakan tulang punggung pundi-pundi Mitsubishi Motors tertinggi dalam sejarah.

Baca: Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dengan Xpander Biasa

Selain itu di era ini pula, Mitsubishi Motors menghadirkan mobil ramah lingkungan berbasis SUV pertama di dunia, yaitu Outlander PHEV. Mobil plug-in hybrid ini disambut dengan antusias di Eropa. Lantas lahirlah crossover pertama Mitsubishi Motors yaitu Eclipse Cross yang memiliki teknologi canggih dari Mitsubishi. Baik Outlander PHEV dan Eclipse Cross mendapatkan sambutan yang baik bagi masyarakat Indonesia. 

Mitsubishi Galant
Mitsubishi Galant

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi