-->

Bocor Alus, Kendaraan Baru yang Akan Diluncurkan Daihatsu-Toyota. Predator untuk Ertiga dan Xpander?

veloz baru
Foto: istimewa

Jakarta, Otojatim.com - Pembaca kami mengirimkan sebuah foto kendaraan yang dipotret dari belakang. "Sepertinya ini bakal kendaraan baru Daihatsu dan Toyota mas," katanya tanpa mau disebut nama.


Lantas kami coba gali informasi lebih dalam melalui penelusuran global. Ternyata foto ini sudah menjadi perbincangan di kalangan netizen di grup Facebook Motuba.

Di situ juga dibahas tentang kemungkinan platform dan spesifikasinya.

Konsep mobil ini juga sempat terambil gambarnya di luar negeri saat testing dan di-watermark oleh situs Paultan dot Org.

Bila dilihat dari foto tersebut, terlihat modelnya seperti MPV 7-seater. Tapi bodinya pipih lebih ke arah SUV. Jadi teringat Mazda Tribute ukuran mini. Fendernya pun mencirikan khas SUV.

Kalau diperhatikan secara seksama, maka tidak terlihat bongkahan diferensial yang umum digunakan pada kendaraan berpenggerak roda belakang (RWD). Apakah benar seperti itu? Kami rasa perlu pendalaman lebih lanjut.

Tapi seandainya benar, maka ini akan menjadi sebuah konsep kendaraan untuk menghadapi Ertiga dan Xpander. Alasannya, karena sama-sama berpenggerak roda depan (FWD). Dan, bila dilihat dari bentuk bodi yang pipih, kemungkinan besar sasisnya adalah monokok. Mirip basis Calya-Sigra. Bukan sasis ladderframe si kuda beban.

Bukaan tangki BBM terletak di sebelah kiri bodi. Mirip Calya-Sigra.

Peleknya berbaut 5 biji.

Desain lampu belakang malah mirip Avanza-Xenia edisi 2011-2013. Dilihat dari spionnya, mirip Sigra versi standar. Kalau tebakan kami benar, ini adalah model paling basic atau versi paling standar dari kelas yang akan dikeluarkan.

Dari diskusi kami dengan pembaca, mereka pernah melihat sosok kendaraan tersebut berkendara dengan cepat di lingkungan Sunter, markas pabrikan Astra.

"Iya sempat melihatnya dengan bodi persis seperti itu. Tapi kondisi tertutup stiker kamuflase," katanya mengakhiri pembicaraan.

Lalu apakah kendaraan misterius ini sebagai pengganti Avanza Xenia? Atau sebagai line-up baru?

Sebab dari pengamatan kami, kok model gambar tersebut tidak cocok bila disebut mirip dengan SUV Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang kabarnya santer akan memasuki pasar Tanah Air.

Hanya waktu yang akan membuktikan.

LihatTutupKomentar