iklan jual beli mobil

Jangan Rancu, Ini Bedanya Makna Garansi dan Warranty

beda garansi dan warranty
Buku penjelasan garansi

Astra Peugeot memberikan Warranty sampai lima tahun atau 100.000 kilometer untuk semua produk terbarunya. Ini adalah jaminan kualitas layanan aftersales Astra Peugeot bagi konsumen agar mendapatkan Peace of Mind dalam menggunakan Peugeot di Indonesia.


Sepintas, terlihat gampang memahami Warranty dari pabrikan. Tapi ternyata pemahaman konsumen perihal Warranty belum sepenuhnya tepat. Agar tidak rancu mengenai Warranty, berikut ini pengertian dan batasannya agar dapat dipahami dan dimanfaatkan secara maksimal.

Bila mengacu pengertian bebas, warranty diartikan sebagai garansi. Inilah titik kerancuannya.

Garansi (guarantee) secara harfiah adalah jaminan kualitas dari produsen atas produk yang dijual secara umum. Sementara warranty lebih pada perbaikan dan penggantian sparepart termasuk jasanya. Bisa dimaknai pengertian warranty bersifat parsial dan merupakan bagian dari garansi itu sendiri.

“Secara umum Warranty yang diberikan pabrikan meliputi kerusakan pada komponen yang disebabkan kualitas produk di luar pemakaian suku cadang yang memiliki usia pakai. Hal tersebut tertulis pada buku maintenance & warranty guide yang diberikan saat konsumen membeli mobil baru.” tukas Aidil Swastomo, selaku Head of Aftersales dari Astra Peugeot.

Baca: Malas Membaca Buku Manual Mobil Peugeot? Awas Jadi Kikuk. Perhatikan 5 Hal ini

Pabrikan memberikan warranty untuk komponen rusak yang disebabkan cacat produksi dan bukan karena aus disebabkan oleh usia pakai.

Parts yang rusak, aus, atau habis karena usia pemakaian contohnya seperti kampas rem, oli, filter, busi dan ban tidak termasuk dalam warranty.

Warranty bersifat terbatas. Artinya, hanya berlaku pada suku cadang terbatas yang sedang mengalami masalah (problem). Contohnya parts yang bermasalah di sekitar mesin atau bagian suspensi bukan berarti harus mengganti mobil. Pihak pabrikan hanya berkewajiban pada komponen yang bermasalah hingga bagian tersebut berfungsi secara laik dan normal kembali.

Dari segi waktu maupun jarak, ada batasan waktu atau periode tertentu yang disepakati. Seperti batasan waktu yang berlaku pada Astra Peugeot,mulai dari 3 tahun hingga 5 tahun atau 100 ribu kilometer (mana yang tercapai terlebih dahulu). Artinya warranty yang berlaku hanya pada kurun waktu tersebut.

Sebagai syarat, biasanya warranty yang diberikan ini juga akan terus berlaku bila kendaraan selalu melakukan servis berkala secara rutin pada bengkel resmi sesuai dengan buku servis yang diberikan.

Hal ini untuk memastikan kendaraan yang dipakai mendapatkan perawatan maksimal oleh teknisi resmi Astra Peugeot. Maka pahamilah makna Warranty secara utuh dan tepat agar benefit yang didapatkan bisa maksimal.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi