iklan jual beli mobil

Malas Membaca Buku Manual Mobil Peugeot? Awas Jadi Kikuk. Perhatikan 5 Hal ini

Buku Manual Peugeot 5008

Otojatim - Buku panduan pemilik kendaraan yang tebal sering membuat konsumen malas untuk membaca. Wajar bila banyak yang akhirnya mengabaikan buku manual tersebut. Padahal isinya pedoman penting.


Contohnya informasi tentang perawatan kendaraan, garansi, hingga tata cara penggunaan fitur-fitur di dalam mobil tertulis sangat jelas. Hal ini bermanfaat supaya pemilik kendaraan tidak akan kikuk mobilnya bermasalah.

“Memang banyak pemilik mobil tidak mengindahkan Buku Manual. Wajar bila ketidaktahuan itu beberapa kejadian di mana garansi tertolak karena salah penggunaan,” jelas Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot.


Meremehkan membaca buku manual bisa-bisa menimbulkan masalah ketika terjadi kendala. Ini dikarenakan pemilik tidak mendapatkan solusi terbaik untuk memperbaiki mobilnya. Padahal sebenarnya hal itu dapat diselesaikan bila sedari awal membaca buku manual.

1) Bagian Panel Instrumen Penting

Memahami cara mengoperasikan instrumen dan tools pada setiap bagian mobil. Di bagian ini sebaiknya menjadi mandatory untuk dibaca dikarenakan berhubungan dengan fitur, instrumen panel, lampu, transmisi hingga aksesoris.

Semisal ketika akan mengisi bahan bakar atau membuka kap mesin. Karena abai membaca buku manual akhirnya pengemudi kikuk dan menjadi repot. Contohnya pada Peugeot 3008 & 5008 Alure Plus, tutup tangki BBMnya tinggal ditekan untuk membuka.

Begitu pula pada tuas pembuka kap mesin. Posisinya tetap berada di sebelah kiri. Tepatnya di bagian depan rumah pintu depan sebelah kiri.

Ada lagi, sinyal lampu indikator ketika menyala pada instrumen panel. Pengemudi tidak akan panik bila memahami permasalahannya. Sebab di buku manual tertulis tata cara yang harus dilakukan sebelum menjalankan mobil. Jika kendala tidak terlalu parah, mobil Peugeot biasanya masih bisa digunakan sampai lokasi bengkel resmi terdekat. Tentu saja dengan kecepatan dalam limit progam ECU.

2) Daftar Isi (Indeks)

Paling meringkas waktu dalam membaca buku manual ialah melalui indeks atau daftar isi. Di sana terdapat beberapa informasi penting seputar pengenalan kendaraan, pengoperasian, pengendaraan, cara menangani masalah juga tentang perawatan. Dari indeks konsumen dapat memilih informasi mana saja yang mau dipelajari terlebih dahulu.
Peugeot Manual Book
Buku Manual Peugeot 5008

3) Letak Nomor Rangka dan Mesin

Untuk mengetahui letak nomor rangka atau nomor mesin. Selain mengetahui posisinya, juga tertera informasi seputar arti dari kode nomor tersebut. Dan biasanya informasi ini dipakai saat kendaraan akan perpanjangan STNK 5 tahunan.

4) Instruksi Saat Ban Bocor

Bahkan dalam kondisi emergency seperti ban bocor, tidak perlu panik. Pembahasan mengenai langkah-langkah dalam keadaan darurat juga telah tercantum dalam buku manual. Seperti bagian mana tempat untuk menaruh dongkrak, serta cara mengganti ban utama dengan ban serep.

5) Perawatan Ringan

Perawatan ringan juga dipaparkan dalam buku manual. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menambah oli, radiator coolant, atau air wiper. Juga ketika ada lampu mobil yang mati, bisa diganti sendiri tanpa harus ke bengkel resmi karena dijelaskan cara mengganti lampu yang benar.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi