-->
close
mobil bekas dijual

Safety Riding MPM: Adenosin, Senyawa Penyebab Microsleep dan Bagaimana Mengatasinya

Berikan Tips Cari_Aman Saat Akan Liputan, MPM Honda Jatim Ajak Jurnalis Webinar Safety Riding.

webinar safety riding

Otojatim - PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT memberikan tips berkendara lewat Ngovi ( Ngobrol Virtual Seputar Honda ) MPM dan Jurnalis Reunion #1(17/9)


Materi keselamatan berkendara ini disampaikan oleh Hari Setiawan, Instruktur safety riding bersertifikat dari Jepang.

Baca: Instruktur MPM Borong 11 Piala di Astra Honda Safety Riding Instructors Competition

Hari menjelasan beberapa hal yang berkaitan dengan kecelakaan kendaraan bermotor. Antara lain dari segi manusia, kendaraan dan lingkungan.

"Faktor manusia merupakan penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu materi kali ini kita akan banyak membahas manusianya," kata Hari.
training safety riding
Training safety riding secara online
Bertemakan Cari_Aman saat liputan, seminar virtual ini diikuti oleh 21 jurnalis dari media cetak dan media online. Dimulai dengan games quizz tentang pengetahuan dasar berkendara yang benar, peserta antusias mengikuti kegiatan ini.

Selanjutnya disampaikan materi tentang persiapan berkendara sampai dengan bahaya microsleep saat berkendara. Berbagai pertanyaan dan sharing diajukan oleh peserta berdasarkan pengalaman mereka saat berkendara.

Baca: Warga RT Valentino Rossi Mendapat Pelatihan Safety Riding dari Honda

"Biasanya pengendara merasa tetap fokus dan kuat selama menyetir. Tapi lambat laun pasti akan merasa mengantuk. Hal ini disebabkan oleh hormon adenosin. Yaitu senyawa yang mendorong kita untuk tidur, yang dihasilkan oleh reseptor adenosin di otak," jelas Hari.

"Tidak ada jalan lain, kecuali tubuh harus beristirahat. Paling bagus adalah dengan tidur yang berkualitas. Tidak perlu terlalu lama, yang penting nyenyak," lanjutnya.
adenosin memicu microsleep
Meskipun beberapa orang mengatakan cara membunuh rasa kantuk dengan kopi atau minuman lain, itu hanya salah satu cara untuk menyuplai oksigen lebih banyak ke otak. "Namun bila produksi adenosin sudah maksimal maka semua itu tidak akan mempan," tegas Hari.

Sementara itu Vinensia Kenanga selaku Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim menyambut baik dan antusias terhadap acara ini.

"Momen webinar safety riding ini sekaligus silaturahim dengan teman-teman media di regional  melalui virtual. Harapannya semoga materi safety riding ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan media," pungkas Vinensia.
LihatTutupKomentar