Peugeot SUV Sudah Tidak Perlu Pasang Grounding Cable Lagi, Ini Alasannya

kabel grounding peugeot
Kap mesin Peugeot 3008 SUV

Oto Jatim - Pernah dengar istilah kabel Grounding atau Grounding Cable yang terpasang pada mobil? Bagi pemain mobil lama pasti paham istilah tersebut. Apalagi peranti ini sempat bikin heboh di kalangan pehobi otomotif khususnya mobil modifikasi. 


Ini dikarenakan Grounding Cable diklaim mampu mendongkrak performa hingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Pemasangan Grounding Cable menurut beberapa sumber memang perlu. Tujuannya untuk menjaga arus listrik yang dialirkan dari aki ke objek tetap stabil.

Baca: Peugeot Home Service

Namun rumitnya sistem kelistrikan pada mobil membuat aliran listrik berkurang akibat berbagai hambatan yang dilalui. Penyebabnya bisa dari kualitas kabel atau beban piranti yang ditanggung terlampau banyak.

Untuk itu, mobil keluaran lama yang belum dilengkapi komponen ini atau yang banyak kena karat diperlukan grounding system. Supaya kestabilan arus listrik terjaga sehingga performa makin sempurna.
kabel ground
Negative extention
Berbeda dengan mobil-mobil keluaran terbaru seperti Peugeot 3008 dan 5008 tipe GT Line juga Allure Plus yang dipenuhi fitur dan teknologi canggih. Mobil-mobil ini sudah dilengkapi Extension Negative Battery atau Grounding Cable.

“Karena sudah didukung fitur dan teknologi canggih, Peugeot 5008 & 3008 tipe GT Line maupun Allure Plus dilengkapi Extension Negative Battery. Fungsi utamanya sudah pasti sebagai penstabil arus setrum, serta mempermudah akses ke negative battery. Terutama saat dilakukan pemeriksaan kesehatan battery menggunakan Midtronics (alat test aki). Sekaligus mempermudah saat dilakukan jumper battery ketika kendaraan membutuhkannya,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Tbk - Peugeot.

Extension Negative Battery yang ada pada ruang mesin utama terpasang jelas di sasis. Tepatnya persis ada di sebelah rumah aki mobil, yang notabene posisi kepala negatif menjorok ke belakang juga sempit. Hal ini membuat mobil asal Prancis ini dapat melakukan proses check-up dan jumper menjadi lebih mudah.

“Selain membuat proses chek-up dan jumper aki makin mudah, mobil dan mekanik pun lebih safety. Karena saat lakukan pekerjaan jauh dari kendala korslet. Pasalnya kepala positif aki dan grounding sama-sama berada di area yang terbuka atau tidak terhalang komponen lain. Makanya mobil ini tidak perlu lagi pasang grounding cable.” imbuh Samsudin.

Selain dilengkapi Extension Negative Battery, Peugeot 3008 & 5008 tipe GT Line dan Allure Plus juga dilengkapi Battery Charge Status. Fungsi komponen yang sarat pada kendaraan berstandar EURO, dan terpasang di kepala positif aki itu untuk memonitor pengisian battery atau aki.

Battery Charge Status, tugasnya untuk menghitung pengisian daya battery dan menginformasikan ke ECU untuk mengaktifkan mode hemat energi. Sehingga kondisi setrum aki Peugeot tetap terjaga dan lebih awet.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi