Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Nyoman, Menjaga Ritme Penjualan di Kawasan Crazy Rich Surabaya Barat

Nyoman Danu Saputra, Sales Supervisor PT LSI

Surabaya, Otojatim.com - Kawasan elit Surabaya Barat tumbuh sejak 1993. Sekarang daerah ini berkembang seperti kota mandiri karena mempunyai banyak fasilitas mewah layaknya BSD Jakarta. Hunian di area ini mempunyai jalan jalan yang lebar mirip di Singapore.

PT. Liek Satu Invicta (Invicta Toyota) turut mendirikan sales point di Ciputra, grup pengembang terbesar di Surabaya Barat. Tepatnya di Jalan Villa Taman Telaga no.33 A, dekat pusat bisnis Citraland yang sering disebut G-Walk.

Citraland menjadi ikon di antara perumahan mewah sekitarnya seperti Graha Famili (Intiland), Pakuwon, Bukit Mas (Sinarmas), Bukit Darmo Golf, Dian Istana, Royal Residence, sampai The Prambanan.

Di sinilah, seorang Nyoman Danu Saputra, ditugaskan menjadi garda benteng Invicta Toyota di wilayah Surabaya Barat. Tugasnya selaku Sales Supervisor PT LSI mengemban target penjualan untuk melayani konsumen yang rata-rata berasal dari kalangan menengah ke atas.

Baca: Blusukan Ala Fany, Tumbuhkan Potensi Pasar di Daerah Pelosok 

"Melayani konsumen crazy rich itu ada ilmunya sendiri. Kita harus ekstra sabar karena mereka ingin dilayani bak raja," kata Nyoman sambil menghisap vapenya.

Outlet Invicta Toyota yang bersebelahan dengan Starbuck Citraland ini buka setiap hari mulai jam 10.00 hingga 19.00, kecuali hari Minggu sampai jam 15.00. 

Nyoman (baju hitam) dan Royce Muljanto (CEO Invicta Toyota) bersama tim penjualan outlet Invicta Toyota Citraland
Invicta rupanya tidak sembarangan memilih orang kepercayaan untuk menjadi punggawa di tempat strategis. Sebelum bergabung dengan Invicta, Nyoman sudah sukses berkecimpung di dunia sales mobil sejak 2004.

"Saya lama di Honda, Daihatsu dan Nissan. Jadi paham bagaimana menangani karakter tiap orang. Karena di setiap merek tentunya mempunyai tipikal konsumen yang bermacam-macam, jadi menghadapinya tentu tidak bisa disamakan," tutur Nyoman. Resep dalam memahami karakter konsumen inilah kerap diutarakan kepada jajaran salesnya.

Saat ini, Nyoman membawahi 23 wiraniaga di dalam timnya. "Grup yang solid adalah kunci dalam meraih keberhasilan," kata Nyoman. Namun berada di kawasan elit bukannya tanpa tantangan dalam mencapai target 54 unit yang diembannya. Karena di seputar HR.Muhammad sampai Wiyung juga berdiri outlet brand-brand lain, seperti Honda (2 outlet), Toyota (2 outlet), BMW, Mitsubishi, Hyundai dan Daihatsu.

Baca: Kiat Jualan Arik, Aktif Merawat Supaya Tembus 54

"Saya baru empat bulan ditugaskan di sini. Sekarang yang menjadi fokus utama adalah pemetaan wilayah Surabaya Barat yang luas sekali. Di Citraland saja sudah lebih dari 2.000 hektar. Belum perumahan yang lain. Dengan jumlah pasukan cuma 23 orang, saya rasa masih kurang," jelasnya.

Data Citraland sampai tahun 2010, dari 2.000 hektar, yang sudah dikembangkan 850 hektar dengan jumlah penghuni 5.000 KK atau sekitar 24.000 jiwa. Mayoritas penghuninya adalah usia produktif, kombinasi pebisnis dan profesional. Sampai April 2011, sudah dibangun 30 klaster, dan klaster termahal adalah Bukit Golf.

Kendati demikian, tim Nyoman mampu menyerap pemesanan kendaraan (SPK) 15 hingga 20 unit tiap bulan yang berasal dari konsumen yang tinggal di Surabaya Barat. "Sisanya berasal dari daerah lain, karena area penjualan kami pun sebenarnya tidak dibatasi. Banyak rekan-rekan salesman mendapat order malah dari luar wilayah Surabaya Barat," terangnya.

Di wilayah ini, jualan Invicta Toyota terlaris ada di kelas Innova, Fortuner dan Alphard.

Nyoman berharap, bisa mengembangkan timnya lebih banyak sehingga kontribusi penjualan bisa meningkat."Saya ingin merekrut fresh graduate, karena mereka umumnya mempunyai semangat yang tinggi, pola pikir yang baik sehingga mudah untuk diarahkan," tutup Nyoman.

***

Foto-foto outlet Invicta Toyota Citraland: (source:Yosafat Thenario)

 
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

2 komentar:

  1. Semoga sukses dan tambah maju usahanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak seblumnya.. untuk penjualan dan pendaftaran team marketing bisa kontak
      Cp : 085100177719 nyoman
      Cp : 08113517889 office
      Salam sukses pasti lewat

      Hapus

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky