iklan jual beli mobil

HUT ke-74 Dinas Pendidikan, Online Teknisi Gelar Service Gratis


oltek smk jatim

Surabaya, Otojatim - Kepercayaan masyarakat pada Oltek (Online Teknisi) SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sangat besar. Aplikasi Oltek SMK sebagai digitalisasi teaching factory (Tefa) SMK bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menggelar Service Gratis Oltek SMK untuk memperingati hari jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur.

Service Gratis Oltek SMK dilaksanakan di area parkir Dinas Pendidikan JawaTimur dari Selasa hingga Kamis 8 sampai 10 Oktober 2019.

Dalam Service Gratis Oltek SMK ini para teknisi berjumlah 11 orang merupakan siswa-siswa SMK yang telah mengikuti pelatihan oltek. Dimana pada pelatihan oltek ini dalam melakukan service melibatkan alat yang modern dan online.

Online dimulai dari proses daftar service. Setelah daftar peserta yang sampai dilokasi Service Gratis Oltek SMK harus daftar ulang.

Motor yang mengikuti Service Gratis Oltek SMK selanjutnya ditempatkan di atas Engine Diagnostic Tool dan dinyalakan mesinnya untuk mendeteksi penyimpangan yang dialami dari kondisi normal.

Baca: Aplikasi Teknisi Online Bantu Lulusan SMK Lebih Terserap Kebutuhan Industri 

Motor pun kemudian dibawa para teknisi Oltek SMK ke pit untuk diservice sesuai dengan penyimpangan yang terjadi. Seperti ketika injektor kurang lancar. Injector Cleaner alat yang akan membersihkan injektor dengan cairan pembersih dan disemprotkan dengan tekanan tertentu digunakan.

Demikian juga ketika ganti oli mesin. Menguras oli mesinnya tidak lagi cara manual dengan membuka baut oli mesin bagian bawah untuk mengeluarkan oli dari mesin. Alat Oil Inflator dipakai untuk menyedot oli  didalam mesin yang akan diganti.
online teknisi smk jatim

“Kegiatan ini sebagai kado indah SMK dan Dinas Pendidikan Jatim pada ulang tahun ke 74 Provinsi Jatim.  Para siswa SMK menunjukkan ke masyarakat mampu menampilkan, menerapkan dan mengaplikasikan perkembangan teknologi, produk-produk baru, mesin-mesin baru yang pada proses prakteknya secara administrasi menggunakan sistem online hingga bisa cepat melayani masyarakat.  Mulai motor masuk di cek dengan Engine Diagnostic Tool kemudian ada Injector Cleaner untukmembersihkan injektor. Ada Oil Inflator untuk menguras oli mesin. Ini membuktikan anak-anak SMK bisa bisa cepat mengadopsin teknologi yang asa,” kata Hudiyono selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Baca: MPM Honda Jatim Resmikan Bengkel Mitra AHASS di SMK Krian 2 

Sementara itu Adi Rahman selaku Direktur Oltek mengungkapkan. “Kegiatan ini memberi wadah para siswa SMK TSM untuk menunjukkan kompetensinya ke masyarakat. Bersama dengan oltek para siswa SMK mampu bekerja sesuaikompetensinya dan profesional,”ujarnya.

Dalam Service Gratis Oltek SMK ini melibatkan 11 SMK di Jatim.
  1. SMK PGRI 2 Ponorogo
  2. SMK PGRI 1 Nganjuk
  3. SMK TKP Magetan
  4. SMKPGRI 1 Ngawi
  5. SMK Dwijaya Jombang
  6. SMK Teknologi Balung Jember
  7. SMK IslamBlitar
  8. SMK Krian 2 Sidoarjo
  9. SMK Muhammadiyah 3 Dolopo
  10. SMK PGRI Pesanggaran Banyuwangi
  11. SMK PGRI 1 Gresik
Di Service Gratis Oltek SMK ini peserta selain mendapat gratis jasa service, juga terdapat diskon untuk spare part dan oli. “Kita sediakan spare part yang paling banyak dicari yaitu fast moving. Untuk olinya diskon sampai 50%,”kata Adi.

Service Gratis Oltek SMK ini mendapat sambutan baik masyarakat. Melampui dari target yang ditetapkan.

“Target kita sehari bisa menservice 50 unit motor. Hari pertama ini pagi hari sudah ada 80 yang mendaftar,” kata Adi Rahman selesai pembukaan di pagi hari.

Bukan hanya karyawan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan masyarakat sekitar yang ikut Service Gratis Oltek SMK ini. Dari para pengemudi grabbike juga menyerbu untuk mengikuti Service Gratis Oltek SMK ini.

“Senang bisa ikut Service Gratis Oltek SMK ini. Servicenya gratis dan ada potongan pada pengantian spare part,” ucap Sodik pengemudi Grabbike yang ikut acara ini.
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi