Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Laka R2 Tinggi, MPM Honda Bekali Wartawan dengan Safety Riding

Surabaya, Otojatim.com – Bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional (7/2), PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku distributor motor Honda area Jatim Bali  menggelar pelatihan safety riding untuk para jurnalis di MPM Learning Center, Sedati, Sidoarjo.

Penyelenggaraan safety riding course ini atas pertimbangan dari data kecelakaan yang setiap harinya bisa mencapai 262 kejadian, yang menyebabkan hingga 77 meninggal dunia atau kalau dibuat rata-rata setiap jam-nya berkisar 3 pengendara yang mengalaminya (data Pori 2015).
Setelah pembekalan teori dan praktek safety riding, peserta jurnalis berkompetisi adu skill berkendara di slalom test untuk roda dua. Juara 1 Hendra Sonie dari Otomotifzone, Juara 2 Chandra dari Otoinfo, dan Juara 3 David dari Ototrend, berpose bversama instruktur di MPM Learning Center Sedati Sidoarjo (7/2).
"Para jurnalis ini kan mobilitasnya tinggi dalam mencari berita. Untuk kecepatan dan ketepatan sampai di lokasi liputan, rata-rata menggunakan motor. Maka cari aman di jalan penting buat para jurnalis untuk bisa lancar sampai di tujuan. Untuk itu kami dari MPM mengadakan training safety riding sebagai bekal rekan-rekan jurnalis, agar aman dan lancar saat di jalan,” kata Vinensia Kenanga Corporate Secretary Head MPM.

Training yang diajarkan meliputi pola pikir pengendara, riding position, riding skill, analisa kejadian dan pembuatan keputusan secara cepat dalam kondisi darurat di jalan raya. Prinsipnya adalah #cari_aman dengan mengutamakan defensif riding, yaitu sebisa mungkin menghindari potensi bahaya ketika berkendara.
Foto: Ototrend

Pembekalan materi teori safety riding, langsung dipraktekan di sirkuit Safety Riding Center MPM, Sedati, Sidoarjo. Meliputi, tekhnik pengereman, narrow plank dan slalom course. Bahkan, panduan naik motor yang benar, posisi tangan dan kaki, cara mengatur center of gravity sampai ke pengaruh jarak pandang berbanding gravitasi, kali ini juga dibagikan.

Setelah pembekalan, para jurnalis diadu skill-nya dalam kecepatan dan ketrampilan melibas trek variable course yang disajikan. Menu variable slalom course kali ini, meliputi tikungan patah, chicane, angka delapan dan fast corner. Regulasinya, tak boleh salah jalur, keluar garis dan menyenggol cone.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Test Drive Almaz