Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Penjualan Daihatsu Naik Imbas Tingginya Minat Mudik via Tol Baru

pembangunan jalan tol
MEDIA GATHERING - Budhy Lau (kiri), Operation Manager PT. AI-DSO Jatim berpose bersama anak-anak panti asuhan Yayasan Al-Hidayah saat acara bukber bersama awak media di Hotel Swiss Bell-in Tunjungan Surabaya. (4/6)

Surabaya, Otojatim.com - Pembangunan jalan tol memberikan dampak signifikan untuk mempermudah dan mempercepat akses transportasi. Hal ini mendorong masyarakat untuk mudik dengan mobil, entah itu sewa ataupun membeli sendiri. Tentu saja hal ini membawa keuntungan buat diler kendaraan roda empat.

Hal ini diamini oleh PT Astra International, Daihatsu Sales Operation (AI-DSO)  Jawa Timur terkait penjualan varian Daihatsu menjelang Lebaran 2018. Menurut Budhy Lau selaku Operation Manager AI-DSO Jawa Timur,  dibanding tahun lalu menjelang Lebaran, penjualan unit tumbuh 15 persen.

”Rata-rata penjualan unit di 2018 sampai April lalu tumbuh 10 persen. Khususnya menjelang Lebaran pada bulan Mei tumbuh 29 persen,” kata Budhy di sela-sela acara Daihatsu Media Gathering (4/6).

Budhy menjelaskan setiap menjelang Lebaran, varian mobil 7 penumpang paling banyak memberikan kontribusi penjualan terutama adalah MPV 7-seater seperti  Daihatsu Xenia, Sigra maupun Luxio. Dua bulan sebelum Lebaran, penjualan Xenia rata-rata mencapai 40 persen dan saat puncaknya hingga 45 persen.

“Terios juga menjadi pilihan bagi yang akan mudik. Hanya saja mengingat indent agak lama jadi tertunda dan beralih ke Xenia. Kecuali yang sudah indent pada Januari-Februari, Terios baru sudah bisa dipakai mudik,”ungkap Budhy.

Sementara Gran Max Minibus dan Luxio, permintaan cukup tinggi terutama untuk kebutuhan usaha travel antar kota, untuk berwisata dan sebagainya. Imbasnya, penjualan tumbuh signifikan.

Total penjualan unit Daihatsu berdasarkan Polreg bulan Mei, Budhy menyebut, sebesar 12.608 unit dengan market share sebesar 20,5 persen. Posisi Daihatsu, kata Budhy, berada di nomor dua. Target market share yakni 21 persen dan sekarang berada di angka 20,5 persen atau kurang 0,5 persen.

Budhy menambahkan bagi pelanggan Daihatsu yang akan mudik, tidak perlu khawatir selama di perjalanan. Daihatsu telah menyiapkan Pos Siaga. Pos Siaga ini ada di setiap kota dimana kantor Astra Daihatsu berada.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai