Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Ubahan Terbaru Isuzu GIGA di 2018, Siap Hadapi Regulasi EURO4

isuzu giga
New Isuzu Giga

Isuzu Indonesia telah memperkenalkan dua produk barunya pada awal tahun 2018 ini, yaitu New Isuzu GIGA dan World Premier dari Isuzu Traga. Isuzu GIGA telah diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2011, selama 7 tahun semenjak diluncurkan Isuzu GIGA mengalami kemajuan yang pesat yang telah menjadi bagian penting dalam bisnis komersial Indonesia seperti pada bidang infratruktur dan logistic.

Isuzu GIGA adalah medium truck pertama di Indonesia yang menggunakan mesin dengan teknologi heavy duty common rail, tidak berdiam hanya sampai disitu, Isuzu Indonesia terus melakukan inovasi dimana tidak hanya mengandalkan kemajuan teknologi tetapi untuk memenuhi kebutuhan dari para pemain bisnis komersial

Mengapa mesin common rail ini menjadi penting? Ini dikarenakan peraturan pemerintah mengenai EURO 4 di Indonesia akan mulai dilakukan tahun ini  untuk kendaraan berbahan bakar bensin, sedangkan untuk kendaraan diesel akan dilakukan pada 2021. Hal ini sudah disahkan melalui peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV.

‘’Kami senang mendengar hal mengenai EURO 4 karena memang kita harus sama- sama mendukung kemajuan negara Indonesia, bahkan negara- negara lain sudah melakukan itu seperti Singapura, Thailand, dan negara lainnya sudah beralih ke EURO 4 dan bahkan lebih. Isuzu sudah sangat siap dalam menghadapi regulasi pemerintah mengenai EURO 4, karena kami sudah memiliki engine yang mendukung EURO 4 sejak tahun 2011, yaitu engine Common Rail,’’ ujar Ernando Demily selaku vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Lalu inilah beberapa perubahan dari New Isuzu GIGA

  • Engine. NEW ISUZU GIGA meningkatkan kemampuan mesin untuk kelas GIGA standard power (245PS), dengan power & torsi masing-masing dari 240PS & 72Kg.m, menjadi 245PS & 80Kg.m.
  • Transmisi. Masih dari GIGA kelas standard power (245PS), ada improvement yang dilakukan khususnya pada rasio transmisi di standard power. Isuzu meningkatkan rasio transmisi pada kelas NEW ISUZU GIGA, khususnya pada rasio gigi pertama, dimana sebelumnya Isuzu GIGA hanya memiliki rasio diangka 6.615 menjadi 9.010, menjadikan NEW ISUZU GIGA tangguh di medan tanjakan terjal
  • Chassis. NEW ISUZU GIGA mengembangkan chassis baru yang sudah tidak memakai rivet pada bagian atas chassis, sehingga memudahkan customer untuk membuat dan memasang aplikasi pada NEW ISUZU GIGA.
  • Braking System. Isuzu mengubah sistem rem dari yang sebelumnya AOH type menjadi Full air type. Hal ini menjadikan NEW ISUZU GIGA menjadi lebih safety karena karakteristik Full air yang mengunci ban disaat terjadi kebocoran angin, sehingga hal ini sangat aman bagi pengemudi
  • Cabin Suspension. Untuk NEW ISUZU GIGA, dengan penggerak 4x2 dan 6x2 isuzu melakukan perbaikan dengan mengganti solid rubber type menjadi fluid dumping rubber, sehingga menjadikan NEW ISUZU GIGA lebih nyaman untuk dikendarai.
  • Seat Suspension. Untuk NEW ISUZU GIGA dengan penggerak 6x4 dan 4x2 (tipe dump truck) dilengkapi dengan seat suspension dan menjadikan NEW ISUZU GIGA sangat nyaman walaupun di medan off-road
  • Wheel, Wheel Pin dan Tire. ISUZU GIGA sebelumnya memiliki Disk wheel berukuran 7” dan tebal 12mm, sedangakan NEW ISUZU GIGA memiliki disk wheel berukuran 7,5” dan tebal 14mm, tire size berubah dari ukuran 10.00-20-16PR menjadi 11.00-20-16PR, wheel pin (baut roda) berubah dari sisi jumlah dari 8 buah, menjadi 10 buah. Dengan improvement ini menjadikan Isuzu menjadi lebih awet masa pemakaianya
  • Trunion. Truion di NEW ISUZU GIGA mengalami perubahan dari I Rod type menjadi V Rod type menjadikan NEW ISUZU GIGA lebih stabil.

Selain itu, Isuzu juga mengeluarkan beberapa varian NEW ISUZU GIGA yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, antara lain;

  1. FVR 34 P (N) (Medium Duty truck 4x2). NEW ISUZU GIGA yang sangat cocok untuk segment general transporter dengan aplikasi bak terbuka. Dengan transmisi dengan firs gear ratio 9.010 dan torsi 80.5 kg.m membuat product ini sangan tangguh dimedan menanjak, namun memiliki konsumsi bahan bakar yang tetap effisien.
  2. FVM 34 U (N) (Medium Duty truck 6x2). NEW ISUZU GIGA yang sangat cocok untuk segment general transporter, industrial transporter, courier, dan total logistic. Dengan panjang cabin to end 9.8 dan mesin dengan tenaga 245 PS serta torsi 80.5 kg.m, membuat product ini besar ruang muatnya dan effisien penggunaan bahan bakarnya. NEW ISUZU GIGA ini biasa dipakai untuk wing box, Box, open cargo, dan aplikasi yang sedang hits saat ini yaitu refrigerator box.
  3. FVM 34 U HP 5.8 (N). NEW ISUZU GIGA ini sangat cocok untuk segment general transporter, total logistic, dan construction. Dengan tenaga 285 PS dan torsi 90 kg.m, product ini mampu melawati berbagai variasi jalan, mulai dari jalan flat jarak jauh dan jalan pegunungan. Product ini biasa dipakai untuk wing box, Box, open cargo, dan hi blow tank.
  4. FVZ 34 N HP 6.1 (N). NEW ISUZU GIGA ini sangat cocok untuk segmen mining, construction, oil and gas, dan untuk memenuhi kebutuhan government (contoh untuk mobil pemadam kebakaran dan bak sampah). Dengan beberapa contoh feature yang terdapat pada product ini, seperti seat suspension, full air brake, 11.00, dan common rail. Membuat kendaraan ini tangguh, nyaman, dan irit bahan bakar. Aplikasi yang paling sering digunakan untuk product ini adalah dump.
Selain range unit yang diperluas, Isuzu Indonesia juga memikirkan kebutuhan yang dapat mendukung para customer-nya, salah satunya adalah dengan dukungan tools yang bernama Mimamori.

Mimamori adalah Fleet Management System dari Isuzu yang dapat memudahkan Customer memastikan pengoperasian truknya secara aman dan efisien. Mimamori dapat diaplikasikan di unit Isuzu GIGA yang merupakan truk medium terdepan yang sudah mengusung mesin Commonrail dan sudah dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) dan DRM (Data Record Module). Mimamori dapat merekam data pengoperasian, kemudian mengirimkannya secara berkala ke Server yang dapat diakses melaui website melalui PC, Laptop, atau Smart Phone.

Mimamori dilengkapi dengan fitur GPS sehingga Customer dapat memonitor lokasi kendaraan secara real time. Customer juga dapat melihat histori perjalanan truk tersebut. Mimamori juga terkoneksi dengan Google Map sehingga dapat bermanfaat untuk melihat kepadatan lalu lintas dan pemilihan rute perjalanan yang efisien. Mimamori juga dilengkapi dengan Geofence, untuk memagari lokasi sebagai tujuan atau sebagai lokasi yang tidak boleh dimasuki.

Kekuatan terbesar Mimamori terletak pada laporan-laporan mengenai kebiasaan mengemudi. Laporan-laporan ini berguna untuk memastikan pengemudi truk dapat mengoperasikan truk secara aman dan efisien. Customer dapat memonitor konsumsi bahan bakar, kebiasaan cara pemilihan kecepatan, kebiasaan idling, kebiasaan penggunaan pedal gas, kebiasaan pengereman, kebiasaan pemilihan rpm mesin, dan kebiasaan pemindahan gigi, dimana kebiasaan-kebiasaan itu sangat mempengaruhi terhadap konsumsi bahan bakar.

Customer dapat mendownload report dalam bentuk .pdf dan .xls yang dapat sangat mudah dipahami. Mimamori secara otomatis merangkum kebiasaan mengemudi tersebut dalam skor tertentu, yang disebut Mimamori Driving Evaluation Score yang dapat digunakan Customer untuk memberikan evaluasi dan penilaian terhadap berdasarkan data-data aktual dan obyektif.

Mimamori juga dilengkapi dengan sistem alarm. Jika pengemudi mengemudikan dengan kecepatan tinggi, pengereman mendadak, memasuki daerah terlarang, RPM mesin terlalu tinggi, telat memindah gigi, Mimamori otomatis memberikan alarm peringatan kepada pengemudi, dan otomatis mengirimkan email notifikasi kepada Customer.

Mimamori juga dilengkapati dengan notifikasi DTC (Data Trouble Code). Jikalau kendaraan mengalami tanda-tanda kegagalan fungsi, semisal overheat, adanya sensor tidak bekerja, Mimamori secara otomatis mengirimkan notifikasi bahwa terjadi tanda-tanda kegagalan fungsi di kendaraan tersebut. Hal ini sangat berguna untuk Customer mencegah breakdown.

Mimamori mulai diperkenalkan di Indonesia sejak 2015, dan pengguna Mimamori terus meningkat dari tahun ke tahun. Mimamori sangat bermanfaat untuk Customer untuk terus memperbaiki pengoperasian kendaraannya dengan lebih aman dan lebih efisien. Dan untuk pengemudi, Mimamori dapat meningkatkan skill mengemudi yang aman dan efisien pula. Dengan adanya Mimamori, pelayanan After Sales dari Dealer Isuzu menjadi lebih cepat untuk memastikan unit Isuzu dapat beroperasi dengan maksimal dan tidak breakdown.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai