iklan jual beli mobil

VW Beetle LSR, Ketika Sang Kodok Melesat 330 km/h

top speed vw beetle
VW Beetle Land Speed Record (Netcarshow)

Utah, Otojatim.Com - VW Beetle merupakan salah satu mobil ikonik di Indonesia. Mobil yang semestinya berarti kumbang ini malah dijuluki kodok karena bentuk bodinya yang menyerupai katak.

Akibatnya, banyak sekali orang mengagumi desain uniknya dan memodifikasi mobil asal Jerman ini dalam berbagai ajang otomotif seperti jambore Volkswagen.

Baca juga: Volkswagen Polo 2018 Menampakkan Diri, Lebih Menyasar Segmen Anak Muda Nih 

Di Amerika sana, memang ada sebuah VW Beetle yang akan digunakan untuk berlaga dalam ajang Land Speed Record di Bonnevile Salt Flats, Utah. Guna berlaga di ajang terkenal itu, Volkswagen Amerika berkerjasama dengan rumah modifikasi THR Manufacturing membangun VW Beetle tercepat yang pernah ada. Bagaimana tidak, mobil kodok itu dibekali mesin turbo 2.0-liter, menghasilkan lebih dari 540 hp.

Dibekali dengan piranti aftermarket seperti blower turbo, camshaft, piston dan kepala silinder membuat mobil ini berhasil dengan mencatat angka 330 km/h sebagai kecepatan puncak di padang garam itu. Uniknya, daya sebesar itu masih tetap ditransfer ke jalan menggunakan roda depan.

Baca juga: WRC Australia, Kemenangan Terakhir VW di Ajang Reli Dunia 

THR Manufacturing juga membekalinya dengan limited-slip differential, suspensi lebih ceper dan ban serta velg khusus Salt Flats yang biasa dipakai kendaraan pemecah rekor di padang garam.

Hendrik Muth, Head Marketing VW America mengatakan benar-benar gembira VW Bettle bisa sekencang itu. Sebab mobil rakyat yang pertama kali dibuat jaman Hitler tersebut memang tidak dirancang sebagai pelari ulung.

“Beetle bukan mobil yang paling aerodinamis di portofolio kami. Sehingga angka 330 km/h adalah bukti kekuatan yang dapat dibuat dari mesin EA888 TSi. Prestasi ini benar-benar menggarisbawahi semangat sporty dan garang dari Beetle,” katanya. Gila!!

Naskah : Adinata Pramadya
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi