Daihatsu Media Test Drive Jatim: It's Fun to be More With New Ayla.

test drive new ayla
Iring-iringan New Ayla saat melintas di Jembatan Suramadu menuju Bangkalan Madura Sabtu (6/5)

Surabaya, Otojatim.com-Siapa bilang city car hanya bisa digunakan di jalan-jalan perkotaan saja ? Apalagi di Indonesia, tempat sebagian orang masih melihat semua jenis mobil sebagai sebuah janji untuk mengajak keluarga jalan-jalan ke tempat yang jauh dari rumah.

Setidaknya, itulah yang buktikan New Ayla dalam “Sahabat Media Fun Amazing Race with Daihatsu New Ayla, yang diselenggarakan oleh PT Astra Daihatsu Motor Surabaya bersama dengan kurang lebih 30 wartawan Kota Surabaya, Sabtu (6/5) yang mulai start dari Kantor Cabang Astra Daihatsu Waru Surabaya menuju Bukit Jeddih Madura, Jawa Timur.

Selama seharian penuh para jurnalis Kota Surabaya diajak untuk menjajal kemampuan New Ayla dengan sedikit dibumbui semacam race adu irit, sekaligus menjajal kondisi medan yang tidak biasa untuk gunakan type kendaraan city car seperti New Ayla.

Padahal sejak awal kelahirannya mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini tidak dirancang sebagai sebuah mobil penjelajah. Menilik dimensi hingga kapasitas mesinnya, karena sejatinya Ayla adalah city car alias mobil perkotaan.

Semenjak dilucurkan di Surabaya pada 11 April 2017, Ayla terlahir kembali dengan berbagai penyegaran tampilan, sekaligus dengan menggendong mesin baru yang lebih bertenaga. Jika Ayla lama menggunakan 3 silinder dengan mesin 1.000 cc, kini Ayla dibekali dengan 4 silinder dengan mesin 1.200 cc.
Seumlah wartawan Kota Surabaya yang mengikuti test drive New Ayla berpose sebelum start dari kantor Perwakilan Astra Daihatsu Waru, Sidoarjo, Jawa Timur
ADM pun menyematkan slogan “It’s Fun to be More” atas penambahan tenaga mesin dan berbagai penambahan kosmetik pada Ayla terbaru ini. Seiring dengan hal tersebut, ADM pun ingin membuktikan bahwa New Ayla bisa berbuat lebih banyak.

Pertama, mobil ini dijajal pada habitat sesuai aslinya, yakni jalan-jalan perkotaan Kota Surabaya yang terbilang cukup padat dan ramai dengan kendaraan, Sabtu (6/5), sampai akhirnya iring-iringan New Ayla sebanyak 20 Unit baru berjalan lancar ketika melintasi jembatan Suramadu, untuk menuju lokasi makan siang Bebek Sinjay di Bangkalan.

Budhy Lau melepas rombongan wartawan yang mengikuti test drive New Ayla Sabtu (6/5)
Tautan pariwara: Alamat dealer dan promo Daihatsu se-Indonesia

Lokasi selanjutnya yang menjadi tujuan dari pembuktian New Ayla, ketika jalan mulai memasuki wilayah pedalaman yang mulai meyempit dan adanya lubang dibeberapa sisi jalan. Manuver New Ayla terbilang smooth ketika harus berpapasan dengan beberapa kendaraan dari lawan arah. Suara noise yang biasa terdengar pada Ayla 1.000 cc, kini nyaris berkurang ketika menggunakan New Ayla 1.200 cc.

Memasuki Bukit Jeddih, jalan tanah tidak rata mulai terasa. Guncangan pada kendaraan pun sedikit terasa, namun suspensi New Ayla terasa nyaman dan jauh lebih baik dari pendahulunya.

Budhy Lau, Regional Manager Astra Daihatsu Jawa Timur dengan bangga berpose dengan New Ayla di Bukit Jeddih Bangkalan Madura
Berada di balik kemudi juga memberi kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut interior baru New Ayla. Terlihat tombol pengatur volume audio dan pilihan mode hiburan telah di letakkan pada roda kemudi. Di sektor hiburan juga makin menonjol dengan head unit berlayar sentuh. Ada fitur radio, pemutar DVD, slot USB dan koneksi Bluetooth ke gawai kita.

Semua itu sudah menjadi fitur standard di varian R Deluxe alias varian tertinggi New Ayla yang tengah kami coba.

Sentuhan bahan pabrik bermotif merah dan hitam di kursi dan pelapis bagian dalam pintu (door trim) memberi kesan elegan pada mobil ini. Kursi depan juga sudah mengadopsi bentuk semibucket yang membuat posisi duduk nyaman dan tenang meski belum dilengkapi dengan sandaran kepala (head rest) terpisah yang bisa diatur ketinggiannya. Dua airbag juga sudah menjadi perlengkapan keselamatan standar bagi penumpang depan.
Ternyata mengendalikan New Ayla terasa  mudah dan sangat menyenangkan. Ukuran mobil yang kompak membuat feeling mengemudi cepat didapatkan. Tenaga mesin, cukup lumayan untuk diajak bermanuver.

Budhy Lau, Regional Manager Astra Daihatsu, Jawa Timur yang punya hajat nampaknya cukup puas dengan hasil test drive yang dilakukan oleh wartawan Kota Surabaya.

“Saya merasa sangat senang, antusias teman-teman wartawan dalam mengikuti kegiatan test drive New Ayla,” ungkap Budhy Lau.

Dalam wawancara di lokasi test drive Budhy Lau lebih jauh menjelaskan, untuk New Ayla ada program DP 15 dan cash back yang hanya ada selama bulan Mei 2017 ini. Selain itu kita juga ada program trade in untuk mereka yang ingin menukar kendaraannya dengan produk Daihatsu, khususnya New Ayla.

Didampingi oleh kepala cabang Astra Daihatsu Jawa Timur, test drive New Ayla berlangsung sukses
Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen