Bangun Fasilitas RnD, Astra Daihatsu Motor Torehkan Rekor Produksi ke-5 Juta Unit

Daihatsu ukir rekor produksi ke 5 juta unit sekaligus peresmian fasilitas R&D.

Karawang, Otojatim.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) 10 April 2017 ini meresmikan pusat penelitian & pengembangan atau R&D sekaligus merayakan produksi ke 5.000.000 unit di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Dengan fasilitas R&D terlengkap dimana perkembangan otomotif begitu pesat. Ditambah produk Daihatsu yang dibuat khusus Indonesia. Dimana semua proses pembuatan design dari desain mobil, engineering sampai pengetesan. Lalu, urusan pengembangan masih dibantu oleh Daihatsu Motor Company sebagai jalan alih teknologi untuk putra bangsa.

"Baru Daihatsu yang pertama kali membuat R&D di Indonesia. Karena yang lainnya (produsen mobil) bisa membangun pabrik atau mengimpor mobil. Tapi bangun R&D baru Daihatsu saja," tukas Amelia Tjandra, Marketing Director Astra Daihatsu Motor.

Selain peresmian R&D Centre Astra Daihatsu Motor. Daihatsu juga mengukir prestasi dengan pencapaian produksi 5 juta unit mereka. Dengan jumlah ini, merupakan suatu kebanggan Daihatsu dalam mengembangkan pasar di Indonesia dan Manca Negara.

Dua pabrik Assembly Daihatsu di Karawang dan Sunter mampu menghasilkan 530 ribu unit per tahun. Dan pemenuhan kebutuhan domestik dan  ekspor ke 54 negara tujuan di Asia, Afrika dan Amerika Latin.

Semenjak produksi pertama pada tahun 1978 sampai 2017, berarti 39 tahun keberadaan pabrik Daihatsu sudah memproduksi mobil sebesar 2.447.211(49%)  unit Daihatsu dan 2.552.789 (51%) unit Toyota.

Dengan line-up produksi seperti Daihatsu Ayla, Sigra, Xenia, Gran Max, Luxio dan Terios. Selain itu, Line up produksi untuk Toyota adalah Agya, Cayla, Avanza, Town Ace dengan Lite Ace dan Rush. 

"Peresmian R&D dan pencapaian produksi 5 juta unit adalah berkat merupakan milestone penting ADM, dengan pendampingan dari DMC. Daihatsu akan teeus melakukan pengembangan kompetensi kepada putra-putri bangsa agar kelak memiliki rancang bangun produk otomotif nasional," ujar Sudirman MR, President Director Astra Daihatsu Motor.

Selain itu, rekor ini berhasil dimasukkan ke dalam Museum Rekor Dunia Indonesia. Dimana penghargaan ini diberikan langsung oleh Jaya Suprana selaku pemimpin MURI. Penghargaan ini diberikan, karena belum ada produsen mobil yang mencapai produksi 5 juta unit dalam dua tahun berturut-turut. 
Share on Google Plus

About Adiyasa Prahenda

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen