iklan castrol

Tips Yamaha: Cek 5 Komponen Ini Setelah Touring Supaya Motor Gak Gampang Rusak

  • Bikers umumnya semangat melakukan servis kendaraan sebelum touring, namun kerap menyepelekan perawatan setelah pemakaiannya. Padahal keduanya penting untuk dilakukan.

Otojatim.com - Sebelum melakukan touring, biasanya para bikers melakukan perawatan motor agar kondisinya prima saat menempuh perjalanan jauh.


Namun, tak sedikit yang lupa, bahwa setelah touring pun motor memerlukan perawatan ulang. Hal ini guna menjaga dan mengembalikan performa kendaraan seperti sedia kala. 


“Bagi bikers yang memang suka melakukan perjalanan jauh, perlu memperhatikan kondisi kendaraannya pasca bepergian jarak jauh. Selain menjaga agar kondisi motor tetap prima, hal ini bermanfaat untuk memastikan keselamatan para pemotor. Pengecekan bisa dilakukan secara sendiri maupun pergi ke bengkel resmi Yamaha,” kata Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Berikut ini tips perawatan rutin kendaraan pasca bepergian jauh, ala Yamaha STSJ.

1. Bersihkan kendaraan

Langkah pertama adalah membersihkan kendaraan dari debu yang menempel. Kotoran dapat mengganggu kinerja kendaraan. Maka, pastikan motor segera dicuci menggunakan air dan sabun selepas touring.


2. Oli Mesin

Pengecekan lain yang tak boleh dilewatkan adalah oli mesin. Pastikan volume, kekentalan, hingga warna oli dalam kondisi yang baik dan layak. Jika sudah tidak sesuai, segera ganti oli pada kendaraan. Umumnya, penggantian oli dilakukan setiap 3.000 km atau setiap 3 bulan sekali sesuai dengan buku service. 


3. Filter Udara

Filter udara yang kotor penuh dengan debu akan memengaruhi tarikan kendaraan. Semakin kotor, maka tarikan akan lebih berat, sehingga konsumsi bahan bakar akan semakin boros. Maka dari itu, penting untuk mengganti filter udara agar performa kendaraan tetap terjaga. 


4. Kampas Rem

Rem bekerja keras saat dibawa bepergian jauh. Itulah mengapa kampas rem jadi lebih cepat menipis, yang ditandai dengan suara decitan saat mengerem. Demi menghindari terjadinya kecelakaan, perhatikan selalu kondisi kampas rem pada kendaraan. 


5. Kondisi Ban

Ban juga termasuk ke dalam komponen yang tidak boleh luput dari pengecekan. Pastikan ban tidak dalam kondisi aus. Lihat pula apakah ada sobekan, lubang, atau kebotakan. Tekanan pada ban juga harus sesuai dengan standar pabrikan sepeda motor. Sehingga berkendara tetap aman dan nyaman di jalan. 


Seluruh perawatan di atas dapat dilakukan di bengkel resmi Yamaha. Manfaatkan aplikasi My Yamaha Motor Member untuk booking service secara online. 


Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui website resmi www.yamaha-stsj.com

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi