iklan jual beli mobil

Tips Suzuki: Mau Menyimpan Sepeda Motor Jangka Lama? Perhatikan 6 Langkah ini Agar Tidak Menyesal

tips menyimpan motor jangka waktu lama

Otojatim.com - Sepeda motor kadang terpaksa tersimpan di rumah untuk jangka waktu yang lama. Entah karena sering hujan sehingga sang empunya ganti transportasi mobil terus, atau mungkin karena ingin sekadar membuat motor menjadi barang simpanan supaya harga jual tinggi dengan kilometer rendah.


Menurut Hariadi, Asisten Kepala Departemen Layanan PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), "Jika sepeda motor tidak digunakan atau akan disimpan dalam waktu tertentu, pemilik harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga kondisinya agar tetap prima saat akan digunakan kembali."


Berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan:

  1. Mencuci Sepeda Motor: Sebelum disimpan, sebaiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu untuk menghindari jamur dan kotoran yang menempel. "Saat musim hujan seperti sekarang ini, pastikan sepeda motor segera dicuci jika terkena air hujan karena air hujan bersifat asam," tambah Hariadi.
  2. Gunakan Cover Sepeda Motor: Gunakan sarung atau cover untuk melindungi sepeda motor dari sinar UV dan gesekan dengan benda lain. Pilihlah cover yang sesuai dengan kebutuhan, baik untuk indoor maupun outdoor.
  3. Memanaskan Mesin Sepeda Motor: Meskipun tidak digunakan, sepeda motor perlu dihidupkan sesekali dan dipanaskan mesinnya selama kurang lebih 2 hingga 3 menit, minimal satu kali dalam seminggu. Ini membantu sirkulasi oli, bahan bakar, dan rotasi ban.
  4. Perhatikan Keamanan Kunci Sepeda Motor: Pastikan sepeda motor tetap aman dengan menggunakan kunci ganda atau teknologi keamanan seperti keyless ignition system. Hal ini membantu mencegah tindakan pencurian.
  5. Gunakan Standar Tengah: Jika dilengkapi, gunakan standar tengah agar posisi sepeda motor lebih kokoh dan stabil, juga memberikan ruang yang lebih lega.
  6. Lepaskan Kabel Aki: Jika akan disimpan untuk waktu yang lama, lepaskan kabel aki untuk menjaga performa aki.


Hariadi menambahkan, "Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan saat menyimpan sepeda motor dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Hal ini bertujuan agar saat digunakan kembali, sepeda motor tetap dalam kondisi baik dan performa optimal."(*)


Baca utas Suzuki melalui

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi