iklan jual beli mobil

Tips #Cari_Aman Pengendara Motor Bawa Barang Ala Honda, Saat Mudik Lebaran

safety sidebox honda

Otojatim.com - Momen mudik lebaran selalu dinantikan oleh sebagian besar masyarakat untuk bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Namun, para pengendara motor perlu memperhatikan cara membawa barang dengan aman selama perjalanan mudik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk #Cari_Aman saat membawa barang:

  1. Memperhatikan Berat Barang Bawaan. Saat mudik, para pengendara motor seringkali membawa barang seperti oleh-oleh dan perlengkapan pribadi. Namun, perlu diingat bahwa barang yang dibawa tidak boleh melebihi lebar badan motor (jalu setang kemudi) dan tinggi motor (helm yang digunakan). Sebaiknya seimbangkan berat barang di kedua sisi motor untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas motor.
  2. Gunakan Box Tambahan. Jika membawa barang dalam jumlah banyak, disarankan untuk menggunakan box tambahan dengan memperhatikan dimensinya. Jika tidak menggunakan box, pastikan semua barang bawaan terikat dengan kencang. Kondisi jalanan yang tidak selalu mulus dapat membuat barang bawaan menjadi merosot atau jatuh. Untuk menghindari risiko tersebut, ikatlah barang bawaan dengan tali yang kuat.
  3. Sesuaikan Kapasitas Motor. Ingatlah bahwa sepeda motor didesain untuk mengangkut maksimal dua orang, yaitu pengendara dan penumpang. Jangan melampaui batas kapasitas tersebut demi keamanan. Sangat disarankan agar satu sepeda motor hanya digunakan oleh dua orang.
  4. Kurangi Kecepatan. Saat membawa barang, penting untuk berkendara lebih lambat dari biasanya, terutama jika barang bawaan cukup banyak. Hal ini akan memberikan lebih banyak waktu untuk merespons perubahan kondisi jalan.

Jika memungkinkan, barang bawaan sebaiknya ditaruh di bagasi motor. Bagasi motor menjadi salah satu pertimbangan penting bagi konsumen dalam memilih motor yang tepat, terutama karena motor sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Motor dengan bagasi lapang seperti Honda PCX160, Honda ADV160, Honda Forza, dan Honda Vario160 menjadi pilihan yang ideal.


"Sangat penting untuk memperhatikan barang bawaan dengan cermat dan tidak membawa barang secara berlebihan. Pastikan untuk membawa barang yang benar-benar diperlukan dan sesuaikan dengan kebutuhan selama perjalanan. Keselamatan berkendara harus selalu menjadi prioritas utama, termasuk memperhatikan keamanan dan kenyamanan saat membawa barang bawaan selama mudik lebaran. Oleh karena itu, bijaklah dalam membawa barang bawaan sesuai dengan kapasitas yang dianjurkan dan tidak melampaui aturan dimensi yang ditetapkan agar selalu #Cari_Aman saat berkendara di jalan," saran Suhari, Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.(*)


Baca artikel Honda di Google News 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi