iklan jual beli mobil

Penting Tapi Sering Dianggap Remeh, Ini Cara Merawat Lampu Motor Yamaha

  • Lampu adalah cara pengemudi berkomunikasi dengan pengemudi lain di jalan raya. Untuk itu, perlu dipastikan lampu kendaraan berfungsi dengan baik sebelum bepergian. Ini caranya.

Otojatim.com - Musim hujan membuat jalanan licin sehingga semua pengendara wajib lebih waspada agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Tak hanya itu, kondisi sepeda motor juga harus dicek dengan benar sebelum digunakan.


“Setiap pengendara wajib memahami komponen apa saja yang harus dicek sebelum pergi. Seperti lampu kendaraan yang masih sering disepelekan. Padahal perannya penting terutama saat musim penghujan,” ungkap Dwi Suwanto, Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Seperti diketahui, lampu pada sepeda motor memiliki fungsi yang berbeda. Contohnya lampu depan sebagai penerang utama, lampu hazard untuk memberi kode adanya kondisi darurat di jalan. Selanjutnya, lampu sein untuk memberi tahu kendaraan lain saat hendak belok, kemudian lampu stop yakni penanda bahwa pengemudi ingin mengurangi kecepatan. 


Melihat fungsi lampu yang begitu penting, maka perawatan harus terus dilakukan. Berikut ini langkah-langkah perawatan lampu sepeda motor : 

  • Bersihkan lensa lampu secara rutin menggunakan kain halus (microfiber)
  • Gunakan lampu standart, dan hindari penggunaan modifikasi lampu berlebih 
  • Rutin melakukan cek kondisi lampu secara berkala di bengkel resmi. 

“Saat musim hujan, visibilitas juga semakin berkurang. Jadi salah satu cara berkomunikasi dengan pengendara lain adalah dengan menggunakan lampu kendaraan. Pastikan lampu kendaraan Anda berfungsi dengan baik demi menjaga keselamatan diri dan pengendara lainnya,” Tutur Dwi. 


Servis motor Yamaha dapat dilakukan di bengkel resmi Yamaha Surya Inti Putra (SIP) dapat lokasinya dilihat melalui website resmi www.yamaha-stsj.com

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi