iklan jual beli mobil

Bedah Teknologi dan Fitur Motor Listrik Honda EM1 e:. Jadi Tahu Kelebihannya

teknologi motor listrik

Otojatim.com - Honda meluncurkan motor listrik pertamanya di Jawa Timur, yaitu EM1 e: dan EM1 e: PLUS, yang dilengkapi dengan teknologi dan fitur canggih.

Bersamaan dengan acara launching, PT. MPM Honda Jatim, distributor resmi sepeda motor Honda di wilayah Jatim & NTT, mengadakan workshop untuk memperkenalkan produk baru ini kepada media.

"Workshop ini bertujuan untuk menjelaskan perangkat dan sistem kerja motor listrik Honda EM1 e: " kata Yunus, instruktur training center MPM Honda Jatim (24/1).

Ia menjelaskan bahwa motor listrik Honda EM1 e: memiliki beberapa komponen dan sistem kerja yang berbeda dengan motor konvensional. Beberapa di antaranya adalah Honda Mobile Power Pack e: (Honda MPP e:), 12 Volt DC Converter, in wheel motor, PCU (Power Control Unit), APS (Acceleration Position Sensor), Full digital meter, riding mode eco dan standar, junction unit, dan down regulator.

Honda MPP e: adalah baterai lithium-ion yang menjadi sumber tenaga motor listrik Honda EM1 e:. Baterai ini memiliki voltase 50,26 volt dan kapasitas 29,4 Ah.

Baterai ini juga dilengkapi dengan perlindungan IP65 yang membuatnya tahan terhadap debu dan air dari segala arah, serta memiliki standar internasional UNR 136 yang menjamin kualitas dan keamanan baterai ini.

Baterai ini dapat dilepas dan dipasang kembali (detachable) sehingga memudahkan konsumen dalam mengisi daya. Konsumen dapat menggunakan Honda Power Pack Charger e: untuk mengisi daya baterai dengan waktu 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%.

PCU (Power Control Unit) adalah komponen yang berfungsi sebagai otak motor listrik. PCU mengontrol daya, memutus daya, memonitor sistem, dan mendeteksi kegagalan sistem.

Down regulator adalah komponen yang menurunkan tegangan untuk mengisi baterai 12 volt dari Honda MPP e: saat sistem aktif.

Yunus juga menjelaskan sistem kerja motor listrik Honda EM1 e: sebagai berikut: "Saat kunci kontak ON, baterai 12 V akan mengaktifkan sistem EV di PCU dan menghidupkan kelistrikan lain. Saat tombol start ditekan (status ready), listrik dari PCU dialirkan ke electric motor (power output) saat gas diputar."

Untuk mengisi daya baterai motor listrik Honda EM1 e:, Anda dapat menggunakan Honda Power Pack Charger e:. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Lepaskan baterai Honda MPP e: dari motor dengan menekan tombol release dan mengangkat baterai.
  • Hubungkan Honda Power Pack Charger e: ke sumber listrik dengan kabel AC.
  • Masukkan baterai Honda MPP e: ke Honda Power Pack Charger e: dengan mengarahkan pin konektor ke slot yang sesuai.
  • Tunggu sampai lampu indikator berubah menjadi hijau, yang menunjukkan bahwa baterai sudah terisi penuh.
  • Lepaskan baterai Honda MPP e: dari Honda Power Pack Charger e: dan pasang kembali ke motor dengan menekan sampai terkunci.

Waktu pengisian daya baterai Honda MPP e: adalah 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%. Anda dapat mengisi daya baterai kapan saja, tidak perlu menunggu sampai habis. Anda juga dapat memantau status baterai melalui informasi MID di motor.

motor listrik Honda EM1 e: PLUS

Sementara itu, Suhari, Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim, mengatakan, "Core value Honda EM1 e: masih mengadopsi dari motor ICE (Internal Combustion Engine) yang biasa dijual oleh Honda. Jadi Honda tetap unggul di teknologi motor bensin, juga unggul di teknologi Electric Motorcycle."

Ia menambahkan bahwa motor listrik Honda EM1 e: ditujukan untuk pengguna early adopter yang ingin mencoba produk baru dari Honda. Honda EM1 e: memiliki kepraktisan seperti matic Honda dan biaya operasional yang sangat rendah.

Konsumen tidak perlu khawatir, karena kualitas dan keandalan produk motor listrik Honda EM1 e: sudah terbukti selama puluhan tahun. Sensasi berkendara Honda juga sangat nyaman dan aman.

Ia mengatakan bahwa motor listrik Honda EM e: cocok untuk digunakan di perkotaan dengan kecepatan sedang dan jarak yang tidak terlalu jauh.

Dari materi workshop tersebut, dapat disimpulkan bahwa sepeda motor listrik Honda EM1 e: memiliki beberapa kelebihan, antara lain:
  • Ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan emisi gas buang.
  • Efisien energi, karena tidak membutuhkan bahan bakar minyak
  • Biaya operasional rendah, karena hanya perlu mengisi daya baterai yang tidak terlalu mahal.
  • Nyaman dikendarai, karena tidak memiliki getaran dan suara seperti motor konvensional.
  • Baterai bisa terisi cepat, dengan waktu 2,7 jam untuk 25-75% dan 6 jam untuk 0-100%.
  • Desain modern, futuristik, dan unik, yang menambah gaya berkendara.
  • Sudah ada USB charger, untuk mengisi daya gadget saat berkendara.
  • Area pijakan kaki yang luas, yang memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara.
  • Pencahayaan full LED, yang memberikan penerangan lebih baik.
  • Informasi MID lengkap, yang menyajikan informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, jam, mode berkendara, dan indikator baterai.
  • Rem cakram, yang meningkatkan keamanan berkendara.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi