iklan jual beli mobil

1001 Cara PLN Bikin Masyarakat Tertarik Pindah ke Kendaraan Listrik

  • PLN memaparkan capaiannya dalam membangun SPKLU sepanjang 2023. Langkah ini dilakukan untuk memapankan ekosistem kendaraan listrik sehingga masyarakat tertarik berpaling ke EV.

Jakarta, Otojatim.com - Berdasarkan data dari PT PLN (Persero), hingga akhir tahun 2023, tercatat ada 1.081 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang beroperasi, baik milik PLN maupun mitra dan swasta dengan total konsumsi listrik 2.464.825 kilowatt hour (kWh). Jumlah ini naik 6 kali lipat dari tahun 2022 yang hanya 436.656 kWh. Hal ini diartikan sebagai sinyal positif bahwa masyarakat mulai memiliki minat yang tinggi terhadap kendaraan listrik.


Menurut Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo salah satu langkah alternatif untuk mencapai Net Zero Emissions di tahun 2060 adalah dengan beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke electric vehile (EV).


”Peran SPKLU ini vital untuk memberi kemudahan para pengguna EV dalam mengisi daya sekaligus mewujudkan Indonesia tanpa emisi atau NZE di tahun 2060 atau lebih cepat,” ujar Darmawan.


Darmawan melanjutkan, selama tahun 2023 PLN terus menggenjot pembangunan infrastruktur pendukung charging EV dan mendorong penggunaan kendaraan listrik secara masif. 


PLN bahkan memfasilitasi pengisian daya kendaraan listrik di acara-acara kenegaraan seperti MotoGP Mandalika, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Bali, KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta.

Juga di sejumlah lokasi destinasi wisata, seperti Mandalika Nusa Tenggara Barat dan Kawasan Wisata Pangandaran, Jawa Barat. 


Berbagai pameran otomotif berbasis listrik di Tanah Air juga tak luput dari perhatian PLN seperti The 30th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.


”Jadi PLN tidak hanya menghadirkan SPKLU, tapi berjalan bersama Pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik melalui berbagai strategi. Pola-pola ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat beralih ke kendaran listrik,” kata Darmawan.


Di sepanjang tahun 2023, PLN juga membangun SPKLU baru di beberapa Kota seperti Jambi, Lubuklinggau, Serang, Payahkumbuh, serta Ibu Kota Nusantara.


PLN juga menambah jumlah SPKLU di beberapa titik existing seperti Kota Palembang, Tangerang, Aceh, Manokwari, Kabupaten Sigli, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta Kabupaten Kuala Kapuas.


“Kontribusi yang dilakukan PLN bagi masyarakat akan membawa Indonesia menjadi negara yang maju, negara dengan energi hijau. Salah satunya penyebaran SPKLU akan kita eskalasi ke banyak titik hingga seluruh masyarakat tidak merasakan takut lagi untuk menikmati kendaraan listrik,” imbuh Darmawan.

Ke depannya, untuk mendukung pertumbuhan ekosistem EV di Indonesia, PLN telah menggandeng beberapa pihak untuk membagun lebih banyak SPKLU. Di antaranya dengan PT Exelly Elektrik Indonesia, PT Astra Otoparts Tbk, PT Bringin Karya Sejahtera, dan PT High Volt Technology. Di mana nota kesepakatan kerja sama gelah ditandatangani pada acara The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 Juli 2023 lalu. 


Tak hanya itu, bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), PLN memberikan kemudahan proses perizinan pembangunan SPKLU lewat sistem Online Single Submission (OSS) milik Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang terintegrasi dengan sistem AMDALNET, sehingga mitra lebih mudah mengurus perizinan pembangunan SPKLU.


PLN juga melaporkan adanya kenaikan pengunaan fasilitas home charging. Sebanyak 3.729 unit layanan home charging telah terpasang selama tahun 2023 dengan total pemakaian daya listrik 2.937 MWh. Meningkat pesat dari tahun 2022 yang pemakaiannya sebesar 399 MWh.


“Ini adalah tanda bahwa upaya PLN selama ini untuk membangun ekosistem EV di Indonesia telah disambut baik dan memberi kenyamanan bagi para penggunanya,” tutur Darmawan.


Darmawan menutup paparan strateginya dengan SuperApp PLN Mobile. Menurutnya, aplikasi tersebut berperan dalam mengubah pelayanan PLN yang konvensional menjadi modern yang lebih efektif dan efisien. Pengguna bisa mengecek keberadaan SPKLU terdekat dari lokasinya.


”Tak hanya itu, berbagai layanan PLN lengkap semuanya ada di SuperApp PLN Mobile termasuk jika berminat mengajukan pemasangan home charging untuk pengisian daya EV di rumah,” tutupnya.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi