iklan jual beli mobil

Jangan Anggap Sepele, Panas Terik Bisa Bikin Motor Rusak, Ini Kata Yamaha STSJ

  • Ternyata, bukan hanya saat musim hujan sepeda motor butuh perhatian. Musim panas pun perlu diwaspadai. Ini panduan perawatan sepeda motor dari Yamaha.

Otojatim.com - Tahukah Anda bahwa cuaca panas bisa mengancam kondisi sepeda motor Anda? Panas terik ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan seperti kerusakan pada jok motor atau pada saringan udara. 


Oleh karenanya, pengendara perlu memperhatikan kondisi fisik maupun komponen pada kendaraan secara berkala.


“Masih banyak yang menyepelekan perawatan kendaraan di musim kemarau. Padahal ini sama pentingnya ketika musim hujan. Perawatannya mudah, tidak akan memberatkan pengendara semua. Pastikan agar beberapa komponen penting yang rentan dengan cuaca panas agar diperhatikan semaksimal mungkin,” terang Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Agar semakin mudah, Ilham memberikan kisi-kisi beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada kendaraan saat musim kemarau berlangsung. 


Di antaranya rantai motor yang jadi cepat kotor, kering, dan mudah berkarat. Ini disebabkan karena panasnya matahari sehingga pelumas pada rantai mengering lebih cepat. 


Agar hal tersebut tidak terjadi, pengendara dapat melumasi rantai dengan cairan multipurpose milik Yamalube. Produk ini sangat direkomendasikan untuk mengatur kekenduran rantai pada kendaraan. 


Panas terik juga dapat menyebabkan kondisi karet dan tekanan pada ban menurun. Kondisi ini mempengaruhi tekanan angin dalam ban dan kualitas pada karet ban. Untuk itu, perlu mengecek kondisi ban dengan benar agar tidak pecah-pecah dan mengganggu performa kendaraan.


Kondisi cuaca yang panas juga meningkatkan debu di ruangan terbuka. Efeknya, saringan udara pada kendaraan jadi cepat kotor sehingga kinerja karburator semakin berat. Hal ini akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang semakin boros. Rajin-rajinlah membersihkan filter udara dengan air sabun agar performa filter udara tetap terjaga. 


“Rutin mencuci motor menggunakan sabun juga bisa dijadikan opsi untuk menjaga bodi motor. Hindari juga parkir motor langsung dibawah sinar matahari untuk mencegah retakan pada jok motor atau bagian motor lainnya,” tambah Ilham. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi