iklan jual beli mobil

Banyak yang Belum Tau, Ini Jenis-jenis Pelumas Rexco dan Fungsinya

  • Rexco, merek pelumas, memberi edukasi seputar jenis-jenis pelumas dan fungsinya. Berikut penjelasannya.

Jakarta, Otojatim.com - Pelumas adalah salah satu komponen penting yang harus diperiksa sebelum turing dengan sepeda motor.


“Gunakan pelumas yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Penggunaan pelumas yang tidak tepat bisa bikin bagian-bagian mesin cepat aus dan rusak. Selain itu, juga bisa menurunkan efisiensi kendaraan, penurunan tenaga, akselerasi yang buruk atau konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi," kata Tomy Tambrani Brand Marketing Manager Rexco.


Berikut ini beberapa jenis pelumas berdasarkan fungsinya dalam menunjang perjalanan touring Anda


Multipurpose Lubricant (Pelumas Serbaguna)

Pelumas ini berfungsi melindungi bagian mesin dari karat yang dapat terbentuk akibat paparan air atau kelembaban. Cocok untuk menembus berbagai kondisi cuaca. Selain itu, pelumas serbaguna juga berguna untuk mengurangi gesekan mesin dan meminimalkan keausan, sehingga umur peralatan lebih panjang. Saat memperbaiki motor sendiri, pelumas ini juga bisa membantu melonggarkan baut atau bagian yang macet.


Chain Lube (Pelumas Rantai)

Seperti namanya, fungsi utama Chain Lube adalah melumasi rantai kendaraan. Saat touring, rantai kendaraan akan mengalami gesekan yang tinggi ketika bergerak melintasi roda gigi dan katrol. 

Dengan chain lube, gesekan antara rantai dan gigi bisa dikurangi sehingga tidak aus dan mencegah kerusakan. Setelah dilumasi, rantai akan bergerak lebih lancar dan energi yang terbuang akibat gesekan akan berkurang, sehingga meningkatkan efisiensi kendaraan.


Multipurpose Degreaser

Selepas touring, Anda bisa membersihkan komponen dan menghilangkan sisa-sisa pelumas yang berlebihan dengan menggunakan Multipurpose Degreaser. Namun sebelum diaplikasikan, pastikan perangkat dalam kondisi bersih. 

Contact Cleaner

Jika lampu motor Anda tiba-tiba mati, atau klakson tidak bisa berbunyi, bisa jadi karena kontak elektrik atau soket kelistrikan motor Anda  terkontaminasi oleh kotoran, minyak, lemak, dan debu. Dengan menggunakan Contact Cleaner, Anda bisa membersihkan hingga ke sela-sela. Pastikan sepeda motor harus dalam keadaan mati, agar aman dalam proses pengerjaannya.


Kontak Elektrik yang bersih akan membuat listrik mengalir dengan baik, sehingga terhindar dari masalah korsleting, atau ketidakstabilan sistem listrik.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi