iklan jual beli mobil

Kupas Tuntas Yamaha Gear 125, Skutik Favorit Emak-emak Milenial

  • Tim Otojatim berkesempatan menjajal performa Yamaha Gear 125. Berikut kami kupas tuntas kelebihan dan kekurangannya.

Otojatim.com - Telah meluncur sejak November 2020, Yamaha Gear 125 masih jadi incaran lantaran fitur-fitur yang dianggap fungsional sesuai dengan kebutuhan mobilitas harian.


Otojatim berkesempatan menguji seberapa andal Yamaha Gear 125 sehingga layak dijadikan pilihan. Berikut ulasannya untuk Anda.


Sebagai skutik multipurpose, Yamaha menyajikan cukup banyak ruang penyimpanan. Mulai dari laci konsol di sebelah kiri kemudi yang cukup memuat 1 botol air mineral sebesar 600 ml, ruang kaki yang cukup lebar, ditambah double hook pada bagian dek sehingga nyaman untuk mengangkut banyak barang belanjaan tanpa takut tercecer di jalan.

Keunggulan lain yang dimiliki Yamaha Gear 125 adalah foot-step tinggi untuk membonceng anak-anak. Gabungan fitur ini paling digemari ibu-ibu. Antar jemput anak sekolah jadi semakin nyaman, barang belanjaan pun aman.


Namun sayang, bagasi di bawah jok tidak terlalu besar, hanya berkapasitas 10,2 liter. Sudah dipastikan tidak muat untuk menyimpan helm. Paling hanya cukup untuk jas hujan, kain lap, botol minum, dan barang-barang kecil lainnya.


Ukuran pijakan penumpang pun cenderung kecil sehingga akan terasa kurang nyaman jika digunakan dalam perjalanan yang relatif panjang.

Dari segi tampilan, Gear 125 punya bodi yang compact dan solid. Yamaha juga tak pelit menebarkan baut untuk mengikat bodi Gear 125 ini sehingga minim suara getaran dari bodi.


Sistem penerangan bagian depan sudah menggunakan lampu LED, sementara di belakang masih pakai bohlam. 


Roda depan berukuran 80/80-14, sementara roda belakangnya 100/70-14. Bagian velg lebar sehingga lebih mantap saat bermanuver.


Untuk ukuran skutik entry-level, jok Gear 125 relatif empuk. Tinggi joknya 750 mm, dengan permukaan yang agak kasar sehingga tidak licin saat diduduki.


Fitur wajib masa kini yang tak boleh ketinggalan adalah power-socket untuk mengisi daya baterai smartphone selama perjalanan. Pada Gear 125, terdapat power-socket berukuran 12V model lighter sehingga masih dibutuhkan tambahan adaptor untuk digunakan.


Beralih ke dapur pacu, Yamaha generasi 125 menggunakan mesin CVT 125 cc 4 langkah, 1-silinder, 2 katup injeksi pendingin udara yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga 9,4 hp dan torsi maksimum 9,5 Nm.

Kemampuan stop-and-go sangat baik, akselerasi terasa mantap, dan tenaganya merata di setiap puntiran gas baik dari putaran bawah hingga atas. 


Dari segi konsumsi bahan bakar, Gear 125 juga terbilang irit. Dengan metode full-to-full, kami mencatatkan satu liter bahan bakar bisa digunakan untuk menempuh jarak 43 km. Cocok bagi Ada yang gemar berkendara jarak jauh.


Terdapat ECO indicator di dekat speedometer yang akan menyala jika gaya mengemudi memenuhi kriteria hemat bahan bakar.


Soal suspensi, baik bagian depan dan belakang memiliki kemampuan peredaman yang baik dan stabil, termasuk saat melibas speed-trap.

Kelebihan lain dari Yamaha Gear 125 adalah keberadaan lampu hazard. Terlihat sepele, tapi sentuhan kecil ini membuat motor lebih terkesan premium. Disamping tentunya untuk menambah keamanan berkendara.


Meski disayangkan, speedometer skuter matic ini masih pakai sistem analog padahal pesaing-pesaingnya sudah pakai tipe digital yang lebih modern.


Yamaha Gear 125 hadir dalam dua tipe, yakni Standar dan S-Version. Untuk Yamaha Gear 125 standard dibanderol seharga Rp 20.581.000 (OTR Surabaya). Sedangkan tipe S-Version dibanderol dengan harga Rp 21.197.000 (OTR Surabaya).


Pilihan warnanya juga banyak, untuk tipe Standar ada lima pilihan warna yakni Matte Silver, Metallic White, Metallic Red, Matte Greenish dan, Metallic Grey. Sementara S-Version terdiri dari Prestige Silver dan Matte Red.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi