iklan jual beli mobil

Bisnis Cold Chain Diramalkan Tak Akan Pernah Mati, Isuzu Siap Terjun Ambil Bagian

  • Bisnis Food and Beverages terus berkembang pesat di Indonesia, terutama pada sektor frozen food. Seiring dengan itu, kebutuhan akan kendaraan niaga jenis refrigerator juga semakin meningkat. Bagaimana Isuzu mempersiapkan armadanya untuk menjawab kebutugan ini?

Otojatim.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang mengalami pertumbuhan pesat.


Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) bahkan memprediksi bahwa bisnis logistik di Indonesia akan tumbuh sekitar 5 persen hingga 8 persen pada tahun 2023. Sedangkan Supply Chain Indonesia (SCI) memperkirakan kontribusi sektor logistik (sektor transportasi dan pergudangan) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), akan menembus angka Rp 1.090,2 triliun pada tahun ini.


Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE, BSD, Tangerang tanggal 10-20 Agustus lalu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai agen pemegang merek (APM) kendaraan Isuzu di Indonesia, menghadirkan model unggulannya yakni Traga dan Giga versi box pendingin atau refrigator.


Kedua unit tersebut melambangkan kesiapan Isuzu dalam mendukung kelancaran bisnis konsumen dalam hal cold chain, di mana dalam bisnis ini, kendaraan menjadi poin penting dalam menjaga kualitas produk dan bahan baku.


Keunggulan yang ditawarkan Traga dan Giga versi refrigerator adalah jaminan konsistensi suhu ruangan box yakni antara -25 derajat hingga +10 derajat. Angka tersebut sesuai dengan standar suhu lingkungan untuk mempertahankan kualitas makanan.


“Bisnis cold chain jadi tren saat ini dan kedepannya. Termasuk di dalamnya kebutuhan bisnis e-commerce. Oleh karenanya, gudang-gudang pendingin terus bermunculan, begitu pula dengan kebutuh akan armada pendingin yang juga semakin tinggi,” jelas Attias Asril, Business Strategy Div Head IAMI.


Menurut Attias, Isuzu Traga dan Isuzu Giga telah teruji keandalannya baik dari segi mesin, rangka, bodi, hingga kestabilan sistem kelistrikan, sehingga dipastikan aman untuk box pendingin atau refrigerator.


Model box pendingin bahkan memberikan kontribusi penjualan yang besar bagi Isuzu, yakni sebanyak 10 persen dari total penjualan 3.506 unit dalam satu tahun.


Tak hanya kualitas kendaraan, Isuzu mempermudah konsumen dengan menyediakan asistensi dalam proses pembuatan karoseri refrigator. 


Isuzu akan membantu menyertakan SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun) kendaraan dari Departemen Perhubungan, dan menurunkan application engineer berpengalaman soal body builder guide dalam merancag kendaraan konsumen dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan yang mumpuni.


“Kami juga meluncurkan Karoseri Portal berbasis website, yang dapat diakses dengan mudah oleh konsumen maupun Perusahaan karoseri. Jadi, konsumen tinggal pasang refrigerator bisa langsung usaha, tanpa perlu ribet mengurus karoseri. Kami buat mudah semuanya,” pungkas Attias.

Dalam gelaran GIIAS 2023, IAMI juga mengadakan talkshow bertajuk “Automotive Commercial Discussion Club Cold Chain Industry Outlook” yang membahas fenomena bertumbuhnya sektor bisnis logistik di Indonesia.


Pada kesempatan tersebut, Karoseri Delima Mandiri dan Sunpride turut membagikan pengalamannya soal dunia distribusi makanan.


Cindyanto Kristian selaku CEO PT Sewu Segar Nusantara (Sunpride), menuturkan bahwa peran performa kendaraan amat penting dalam proses mengantarkan buah segar. Menurutnya, kendaraan Isuzu sejauh ini bisa diandalkan dalam proses pengiriman buah-buahan ke distribitor.


“Agar industri ini berkembang baik, kita harus maju bersama-sama,” ujar Cindyanto.


Hal senada juga disampaikan oleh Albertus Whitney, Executive Director Karoseri Delima Mandiri. Menurutnya, cold chain adalah bisnis masa lalu, masa kini dan masa depan. Dengan demikian, ia berharap antar pelaku industri termasuk karoseri bisa saling bersinergi.


“Bisnis ini tidak akan pernah mati. Karoseri bagian kecil industri cold chain, namun kami berharap kedepannya industri ini bisa berkembang menjadi lebih besar lagi,” papar Whitney.

Isuzu, Sunpride, dan Delima Mandiri berkolaborasi dalam memberikan inspirasi bagi para pengunjung GIIAS 2023, dengan memamerkan Isuzu Traga Fruit Truck.


Menurut Yusak Kristian Solaeman, President Director PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), industri rantai makanan beku (frozen food) di Indonesia terus bertumbuh sejak adanya pandemi Covid-19. Hal ini membuat permintaan transportasi cold chain kian meningkat.


Pertumbuhan industri F&B di Indonesia tidak akan pernah surut, termasuk di dalamnya industri rantai pendingin beserta ekosistem pendukungnya seperti karoseri dan kendaraan komersial.


“Isuzu sebagai produsen akan menyediakan produk dan layanan terbaik bagi customer, agar para pelaku usaha dapat menjalankan bisnisnya dengan lancar,” kata Yusak pada acara talkshow, Jumat (18/8/2023) di GIIAS 2023.


Mobil niaga keluaran Isuzu hadir dengan desain kabin hexapod dan chasis yang fleksibel untuk dimodifikasi. Di saat bersamaan, mesinnya yang tangguh tetap dapat menunjukkan performa maksimal dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. 


Tak hanya soal jual beli unit kendaraan, Isuzu menerapkan konsep double striker. Layaknya permainan sepakbola, Isuzu mengandalkan dua penyerang depan sekaligus, dimana satunya dalam hal sales, dan sisanya dalam layanan aftersales. Bagi Isuzu kedua hal tersebut tidak bisa dijalankan terpisah melainkan dengan beriringan dan berkesinambungan.


"Ada perbedaan pendekatan bisnis antara commercial vehicle dengan passenger car. Kalau di passenger car, after sales lebih ke support artinya setelah penjualan baru nanti layanan aftersales yang mendukung. Sedangkan di commercial tidak bisa seperti itu," papar Direktur PT IAMI Rahmat Samulo di kesempatan berbeda.


Dalam hal perniagaan, kendaraan bukan hanya sekedar alat transportasi melainkan bagian dari proses produksi. Dimana unit harus siap terus berkerja kapanpun dan dimanapun, oleh karenanya Isuzu memberi jaminan zero downtime yang merupakan hasil gabungan dari kualitas unit yang bandel dan layanan aftersales paripurna.


“Isuzu punya banyak layanan yang menjawab kebutuhan pelanggan secara real time. Sebut saja Bengkel Isuzu Berjalan, Isuzu Contact Center hingga layanan digital seperti MyIsuzuID dan Isuzu Link," pungkas Samulo.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi