iklan jual beli mobil

Cara Ganti Oli Skuter Matic yang Benar Ala Yamaha STSJ

  • Yamaha STSJ membagikan tips cara mengganti oli motor matic yang benar di rumah.

Otojatim.com - Semua skuter matic menggunakan dua jenis oli, yakni oli mesin dan oli gardan. Dimana oli gardan atau oli transmisi biasa digunakan untuk melumasi komponen transmisi pada mesin motor. Sementara oli mesin bertugas melumasi setiap komponen mesin untuk mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang seperti piston dan dinding silinder.


Penggantian oli secara rutin sangat penting agar performa sepeda motor tetap dalam kondisi optimal sehingga kenyamanan berkendara tidak terganggu.


“Hal yang wajib diketahui oleh pengendara sepeda motor adalah oli ini tidak akan berubah warna meski digunakan dalam waktu yang lama. Walaupun begitu, konsumen tetap dianjurkan untuk melakukan pergantian oli sebelum motor memiliki jarak tempuh 10.000 km," kata Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


"Kalau oli tidak segera diganti bisa menyebabkan suara berisik pada gear box kendaraan dan menyebabkan kerusakan lainnya,” sambung Ilham.


Meskipun tidak menerima panas pembakaran secara langsung seperti oli mesin, oli gardan juga perlu diganti secara berkala. Pergantian dapat dilakukan secara mandiri di rumah. 


Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti oli diantaranya kunci shock/ring 12mm. Selanjutnya, parkirkan kendaraan di tempat yang rata, lalu pakai standar tengah sehingga baut lubang pembuangan oli gardan bisa dijangkau.


Tahap berikutnya adalah buang oli ke dalam wadah penampungan, dan tunggu beberapa saat hingga oli benar-benar habis tak tersisa. 


Jika oli sudah habis, pasang dan tutup kembali baut pembuangan oli. Setelah itu, buka baut pengisian oli gardan dan masukan oli gardan kedalam lubang. Gear Motor Oil milik Yamalube memiliki tutup berbentuk corong sehingga memudahkan konsumen dalam melakukan penggantian oli sendiri. Jika sudah terisi sesuai dengan yang dianjurkan, segera tutup dan kencangkan kembali baut. 


Bagi konsumen yang membutuhkan Spare Part asli Yamaha dapat langsung mengunjungi seluruh jaringan bengkel resmi Surya Inti Putra (SIP) terdekat. 

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi