iklan jual beli mobil

Hindari Cedera Berat, Lakukan 4 Tips Dari Honda Ini Saat Terjatuh dari Motor

  • Tidak ada orang yang ingin jatuh dari motor saat berkendara. Namun, jika hal ini terjadi ada beberapa tips agar luka yang dihasilkan minimal.

Surabaya, Otojatim.com - Berkendara dengan sepeda motor memang banyak dipilih karena lebih praktis dan cepat karena bisa menghindar dari kemacetan. Namun, tentu ada resiko tersendiri yang mengintai.


Misalnya, terjatuh dari motor. Faktornya bisa bermacam-macam, seperti menghindar dari kendaraan atau pengguna jalan lain yang tiba-tiba mendekat, ataupun kehilangan konsentrasi. Memang, tak ada orang yang menginginkan kejadian ini. Namun, jika hal ini tak dapat dielakkan, ada trik agar cedera yang ditimbulkan minimal.


Berikut tips dari Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim:


1. Lepaskan diri dari sepeda motor

Ketika terjatuh, segera lepaskan diri dari sepeda motor. Karena jika tidak, potensi bahaya akan lebih tinggi seperti beresiko tertimpa, terhantam, atau bahkan mengalami luka bakar jika sepeda motor terbakar.


“Melepaskan diri dari sepeda motor akan membantu mengurangi momentum kita dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mulai berguling,” kata Dimas, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.


2. Berguling saat terjatuh 

Usahakan sedemikian rupa agar Anda jatuh dalam posisi terguling sehingga dapat mengurangi efek benturan terhadap permukaan jalan.


Lipat tangan di bagian dada dengan posisi memeluk melingkari tubuh. Menunduklah dengan dagu menempel pada dada. Saat berguling, arahkan benturan pada bahu bagian belakang, untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh.


“Setelah melepaskan sepeda motor, sebaiknya pengendara mengarahkan tubuh ke kiri jalan. Hal ini lebih minim resiko karena sisi sebelah kiri jalan tidak seaktif sisi kanan jalan,“ terang Dimas.


3. Tidak Langsung Berdiri

Setelah jatuh, diam dulu sejenak, gerak-gerakkan tangan dan kaki untuk memastikan apakah ada bagian tubuh yang patah. Dengan demikian cidera yang lebih parah bisa dihindari.


4. Segera ke Rumah Sakit

Jika ada bagian kaki atau tangan yang terasa sangat nyeri atau malah tidak merespon ketika digerakkan, jangan dianggap sepele. Segeralah ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk meminta bantuan medis.


“Pada prakteknya, memang teknik jatuh ini tidak semudah teorinya. Untuk itu, tetaplah #Cari_Aman saat berkendara. Selalu waspada, patuhi aturan lalu lintas, dan kenakan perlengkapan pelindung diri yang sesuai. Jangan lupa untuk selalu tingkatkan kemampuan berkendara, kendalikan emosi, pahami prediksi dan antisipasi bahaya saat berkendara di jalan untuk keselamatan berkendara, Selalu prioritaskan keselamatan dan kenali batas kemampuan kita saat berkendara,” tutup Dimas.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi