iklan castrol

Jangan Terlena Helm Full Face, Yamaha Kasih Peringatan Ini

  • Helm full face banyak jadi favorit para pengendara motor. Selain dinilai lebih aman, tampilannya pun terbilang keren. Meski begitu ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya.

Otojatim.com - Helm merupakan benda wajib untuk para pengguna sepeda motor. Ada beragam jenis helm sesuai dengan fungsinya. Misalnya jenis full face yang dapat melindungi semua bagian kepala, mulai dari leher bagian belakang hingga dagu.


Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih helm full face adalah lisensi Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, tentunya keamanan dan kenyamanan saat digunakan. Ini erat kaitannya dengan ukuran helm. Pastikan tidak kebesaran ataupun terlalu sempit.


Agus Hariyanto, Instruktur Yamaha Riding Academy PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menyarankan agar pengguna memilih helm dengan kaca yang bening. Sehingga tidak mengganggu pandangan terutama di malam hari.  


“Pada intinya, tidak perlu memilih helm yang terlalu mahal. Pilihlah yang membuat anda nyaman dan aman saat berkendara. Walaupun helm full face identik digunakan untuk motor sport, namun motor bebek atau matik juga boleh mengenakan helm ini,” kata Agus. 


Meskipun helm full face dianggap sebagai salah satu jenis helm yang paling aman, pengendara tetap harus memperhatikan beberapa hal ketika menggunakannya. Terutama saat visibilitas rendah.


Saat mengenakan helm full face, ada blind spot atau titik buta pada bagian kiri dan kanan pengendara karena terhalang oleh sisi helm.  


“Untuk mengantisipasi hal ini, pengendara memang harus fokus untuk menjaga pandangannya. Hal ini berguna agar pengendara memahami kondisi jalanan dan bisa menghindari potensi bahaya yang ada,” tambah Agus. 


Jangan lupa gunakan safety gear lainnya seperti jaket dan sarung tangan untuk menunjang keselamatan berkendara. Penggunaan celana panjang dan sepatu juga dianjurkan bagi setiap pengendara sepeda motor sehingga berkendara lebih aman dan nyaman.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi