iklan jual beli mobil

Tips Hadapi Rem Blong Saat Perjalanan Ala Yamaha

  • Beragam kondisi bisa saja dihadapi di perjalanan. Salah satunya rem blong. Berikut ini cara mengatasinya agar pengendara tetap bisa selamat dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Otojatim.com - Pengecekan kendaraan secara berkala penting dilakukan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. Salah satu yang amat berbahaya adalah kondisi rem blong. Maka, memastikan fungsi rem selalu optimal adalah sebuah keharusan.


“Kondisi rem blong ini sangat mungkin dialami pengendara. Maka dari itu, wajib mengetahui cara mengatasinya. Langkah pertama adalah jangan panik. Lekas berpikir jernih untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Umumnya, rem blong terjadi akibat kampas rem aus atau rem dihadapkan pada kondisi yang terlalu panas. Ini memicu terjadinya pengereman yang tidak optimal. Jika sudah demikian, maka pengendara harus cekatan menanganinya agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.


Paling utama adalah jangan panik, lalu berusaha menjauhkan kendaraan dari kondisi ramai. Sebisa mungkin cari tempat yang sepi dan luas, sambil menurunkan kecepatan. 


Jika tak ada area yang memungkinkan, alternatif lainnya adalah dengan mencari jalanan menanjak. Dengan demikian laju kendaraan akan semakin pelan dan bisa berhenti dengan sendirinya.  


Berikan tanda pada pengendara lain, melalui suara klakson ataupun lampu hazard, sehingga mereka bisa mengatur jarak dan waspada. Dengan demikian kecelakaan bisa diminimalisir.


Pastikan agar gas tidak dikosongkan. Terlebih jika ini terjadi pada motor matik dengan sistem persneling otomatis. Karena jika gas dikosongkan, motor akan cenderung melaju dan tak terkendali. Maka, pastikan agar kendaraan tetap digas walaupun tarikannya kecil. 


Gunakan engine brake dengan menarik sedikit tuas gas sehingga RPM motor meninggi dan engine brake menahan laju pada kendaraan. Ketika gas ditahan, motor akan mendapatkan engine brake seperti motor sport atau motor bebek. 


Setelah berhasil melewati masa sulit tersebut, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel. Lakukan pergantian kampas rem atau cakram. 


Bengkel resmi Yamaha melayani perawatan dan penggantian komponen sehingga kendaraan tetap dalam kondisi prima. Ada fasilitas layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) yang bisa dipesan dimanapun dan kapanpun sehingga kendaraan Anda lebih mudah mendapat pertolongan pertama.

LihatTutupKomentar

Impresi Awal: New Honda Mobilio 2017 Semakin Mewah dan Naik Kelas

Jakarta, Otojatim.com - Persaingan antar Low MPV sudah dimulai di awal tahun 2017. Tentunya, pabrikan banyak mengeluarkan varian dan menyeg...

close
harga yamaha lexi