Cuaca Panas Ekstrim Bikin AC Mobil Tak Dingin, Ini Tips Dari Peugeot

  • Kerap terjadi, cuaca panas ekstrim membuat suhu di kabin mobil jadi ikut panas meskipun AC sudah disetel maksimal. Astra Peugeot membagikan tips cara mengatasinya.

Jakarta, Otojatim.com - Ketika cuaca sedang dalam kondisi panas ekstrem, air conditioner (AC) mobil kerap terasa tidak dingin. Sampai-sampai pengguna curiga apakah ada kerusakan di komponennya.


Untuk membedakan apakah ada kendala atau tidak pada komponen penunjang AC, caranya sangat mudah. Mulailah dari mengecek temperatur suhu di dalam kabin ketika AC dinyalakan. Jika normal, maka pemeriksaan dilanjutkan ke komponen lain.


“Jika terdapat perbedaan suhu yang mencolok, berarti ada komponen yang perlu diperiksa. Misalnya kompresor dan evaporator yang perlu dicek secara berkala agar AC berfungsi maksimal dan komponen tidak saling memberatkan,” kata Mohan Kurniawan, Kepala Bengkel Astra Peugeot Surabaya.


Salah satu penyebab kinerja komponen AC mobil kurang maksimal saat cuaca panas, adalah extrafan yang berputar tidak maksimal, bahkan seolah melemah. Ini mengakibatkan proses kondensasi pada kondensor terhambat, sehingga suhu di dalam kabin masih terasa panas.


Putaran extrafan yang lemah tersebut membuat tekanan freon jadi lebih tinggi. Jika ini dibiarkan terus-menerus, sedikit demi sedikit freon akan terbuang melalui sil sambungan pipa atau selang. Jika sudah begini, yang perlu dilakukan adalah mengganti unit baru dari extrafan.


“Salah satu ciri kompresor tidak bekerja secara maksimal adalah bunyi tidak wajar yang jadi penyebab proses pendinginan tidak sempurna. Apalagi kompresor yang bekerja secara terus-menerus dan alami kendala freon bocor dapat membuat oli pelumas berkurang dan menyebabkan kompresor mudah panas dan cepat rusak,” imbuh Mohan.


Selain itu, diagnosa lainnya penyebab AC mobil tidak maksimal adalah ketika evaporator sudah sangat kotor. Kondisi ini bisa dirasakan melalui keluarnya angin AC yang kecil meski sudah disetel maksimal. Cara memeriksanya adalah dengan melihat apakah banyak kotoran yang menempel di filter AC.


Jika kondisi kompresor normal, evaporator bersih, maka AC mobil sudah pasti akan terasa dingin di malam ataupun siang hari. Lakukan pengecekkan AC Mobil Peugeot di bengkel resmi Astra Peugeot daerah Jakarta (Sunter, Cilandak), Banten (BSD), Jawa Tengah (Solo), dan Jawa Timur (Surabaya).

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha gear