iklan jual beli mobil

Biar Lebih Irit Bahan Bakar, Ini Tips Nyetir Motor yang Efisien dari Yamaha

  • Yamaha berbagai trik mengendarai sepeda motor agar lebih irit bahan bakar.

Otojatim.com - Selain harganya terjangkau dan lebih sat set dalam menerobos jalanan padat, menggunakan sepeda motor pun lebih irit bahan bakar. Itu mengapa kendaraan ini masih jadi favorit bagi masyarakat Indonesia.


“Karena itu, diperlukan beberapa penyesuaian cara berkendara untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien, seperti menjaga kecepatan, rencanakan perjalanan, hingga merawat sepeda motor dengan baik," kata Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).


Berikut ini tips berkendara dengan sepeda motor agar penggunaan bahan bakarnya lebih efisien.

1. Cek Kondisi Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Jika kurang angin, permukaan ban akan jadi lebih lebar, sehingga gesekan dengan permukaan jalan jadi lebih tinggi. Akibatnya kinerja mesin jadi lebih berat dan konsumsi bahan bakar meningkat. Karena itu, sesuaikan tekanan ban dengan standar pabrikan dan lakukan pengecekan secara berkala.

 

2. Rencanakan Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, rencanakan dulu rute mana yang paling dekat dan efisien untuk dilalui. Dengan begitu, jarak tempuh bisa dikurangi dan konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.


3. Buka-Tutup Gas secara Perlahan

Sebisa mungkin hindari memutar penuh gas secara mendadak saat berakselerasi, karena ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi. Selain itu gaya berkendara agresif seperti itu bisa berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan di sekitar. 


4. Jaga Kecepatan

Laju kendaraan yang konstan antara 40 sampai 60 km per jam akan menghasilkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Kelebihan lainnya melaju di kecepatan konstan membuat motor lebih nyaman dan mudah dikendalikan.


5. Bawa Barang Secukupnya

Saat membawa beban berlebih, mesin sepeda motor akan bekerja lebih ekstra, sehingga mesin membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Maka, bawalah barang secukupnya sesuai kebutuhan.


6. Lakukan Perawatan Secara Berkala

Kondisi sepeda motor yang prima menjadi kunci efisiensi bahan bakar. Lakukan perawatan berkala sesuai rekomendasi pabrikan. Gunakan jenis bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik. Dengan begitu kinerja mesin dan proses pembakaran di dalam ruang bakar jadi lebih optimah. Efeknya, bahan bakar yang ditenggak jadi lebih efisien.


Lakukan servis berkala di bengkel resmi Yamaha agar performa mesin selalu dalam kondisi maksimal dalam mendukung mobilitas harian.


Teknologi mesin Blue Core pada sepeda motor matic Yamaha, akan membuat motor Yamaha menjadi lebih Efisien, Bertenaga dan Handal di setiap medan jalan, sehingga akan sangat mendukung pengalaman berkendara harian konsumen.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi