iklan jual beli mobil

Masih Laris, Harga Jual Kembali Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Tinggi

  • Unit-unit seken dari Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross sudah bertebaran di pasar mobil bekas. Namun harganya masih relatif tinggi. Inilah yang menjadi nilai tambah bagi kedua mobil tersebut.

Otojatim.com - Sejak resmi dirilis pada tahun 2017 silam dan mengalami penyegaran pada tahun 2021, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross masih jadi incaran konsumen Indonesia hingga saat ini. Hal ini dapat dilihat dari angka penjualan Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) sepanjang tahun 2022 yang mencapai 49.917 unit atau 24,4% dari pangsa pasar segmen small MPV di Indonesia.


Tak hanya di segmen pasar mobil baru, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga unggul di pasar mobil bekas. Harga jual kembali Xpander dan Xpander Cross terbilang cukup tinggi jika dibandingkan kompetitor sekelasnya. Potensi penurunan dua model tersebut disinyalir hanya 10-20 persen dalam tiga tahun. Xpander tipe Ultimate tahun 2019 saat ini pasaran bekasnya masih di kisaran Rp 225 juta, padahal dulu harga barunya sekitar Rp 260 jutaan.


“Ada merek lain yang kasih garansi nilai jual kembali 70% dari harga jual awal dalam tiga tahun. Itu sebenarnya biasa saja. Nilai jual kembali Xpander, termasuk Xpander Cross bisa di 80-90% dalam tiga tahun,” kata Director of Aftersales Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Eiichiro Hamazaki, pada salah satu wawancara di event GIIAS 2022, Agustus lalu.


Pada kesempatan berbeda, Didi Dwiputro Zakaria, Pendiri X-MOC, komunitas pemilik Mitsubishi Xpander, mengakui keunggulan kedua mobil tersebut. Hal yang sama juga ternyata dirasakan oleh para pengguna Xpander lainnya dalam komunitas tersebut.


"Bagi saya, Xpander itu sangat representatif untuk sebuah mobil Low MPV. Teman-teman lain yang memilikinya juga mengakui hal tersebut. Ini terungkap tidak lama setelah saya mendirikan X-MOC. Banyak teman-teman pengguna Xpander anggota X-MOC yang menceritakan kepuasan mereka," kata Didi, dikutip dari Newsletter MMKSI pada situs resmi Mitsubishi Indonesia.


Lebih lanjut, Didi mengungkapkan bahwa performa menjadi faktor kuat mengapa Xpander masih digemari hingga kini, bahkan jadi trendsetter di dunia otomotif.


"Performance-nya nggak malu-maluin. Bahkan, jadi trend setter kan? Coba perhatikan pada awal mobil ini tampil dengan gaya desain yang menggabungkan tampilan SUV dengan MPV berpenggerak roda depan? Hehehe. Para kompetitor saja akhirnya meniru Xpander kan? Mitsubishi Xpander itu trendsetter," jelasnya bersemangat.

Fitur-fitur terkini yang disematkan pada Xpander dan Xpander Cross juga membuat konsumen semakin jatuh hati. Seperti wireless charging, AC digital dengan air filtration, cruise control, kunci keyless dengan start stop button, serta tilt and telescopic steering.


Selain itu, ada juga cruise control, power outlet yang tersedia dari baris depan hingga belakang, bahkan penumpang semakin nyaman dengan adanya cup holder dan arm rest di baris kedua.


Tak ketinggalan, Xpander juga dilengkapi dengan tombol pengaturan pada setir kemudi dan headlight auto off saat mesin mati. Fitur auto lock dapat mengunci mobil otomatis dalam waktu 30 detik. Semakin mantap dengan rem parkir yang sudah menggunakan sistem Electric Parking Brake (EPB).


Selain fitur-fiturnya yang lengkap, perawatan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga terbilang mudah, terutama dengan hadirnya Smart Package.


Smart Package adalah jaminan biaya perawatan kendaraan selama 4 tahun atau  jarak tempuh 50.000 kilometer. Dengan demikian pengguna bisa menghemat biaya perawatan kendaraan. Kendaraan juga akan terjaga kondisinya dengan 100% suku cadang asli. Kepemilikan Paket Smart tak terbatas pada perseorangan, namun juga untuk fleet hingga perusahaan yang menggunakan kendaraan Mitsubishi sebagai armada.

Eichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia pada sebuah Press Conference 8 November 2021 lalu mengungkapkan, "Berdasarkan survei, jika dibandingkan model Low MPV lainnya,  biaya perawatan Xpander lebih hemat 25%. Apalagi ditambah dengan adanya garansi kendaraan penuh selama 3 tahun atau 100.000 kilometer. Ini bukti bahwa kami begitu percaya diri dengan kualitas mobil kami," kata Eichiro.


Harga Mitsubishi Xpander Bekas

  • 2017: Rp170 juta - Rp232 juta
  • 2018: Rp163 juta - Rp243 juta
  • 2019: Rp181 juta - Rp297 juta
  • 2020: Rp210 juta - Rp270 juta
  • 2021: Rp176 juta - Rp283 juta
  • 2022: Rp244 juta - Rp291 juta


Harga Mitsubishi Xpander Cross Bekas

  • 2019: Rp237 juta - Rp270 juta
  • 2020: Rp229 juta - Rp290 juta
  • 2021: Rp231 juta - Rp305 juta
  • 2022: Rp260 juta - Rp269 juta


LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi