Kia Carens dan Hyundai Stargazer Hadapi Dua Kelas Berbeda

Meski satu platform namun fitur yang diusung berbeda 

 


Jakarta, Otojatim.com Hyundai Stargazer dan KIA Carens merupakan produk terbaru dari dua pabrikan asal Korea Selatan. Memang, keduanya begitu mirip sekali meskipun tampilan eksterior dan interior sangat jauh berbeda satu sama lainnya. Namun, beberapa bagian masih terlihat sama. 

Karena platform yang digunakan masih satu basis, yaitu platform K2 yang digunakan oleh produk Hyundai-Kia lainnya seperti Creta, Seltos dan Sonet untuk pasar Indonesia. Sedangkan pasar luar negeri sangatlah beragam bahkan Hyundai i20 pun gunakan platform K2 juga. 


Tetapi, platform ini sebenarnya punya keunikan tersendiri buat pasar Indonesia dan India. Dimana mereka punya kesamaan dari segi karakteristik konsumen hampir mirip sekali. Sehingga perhatian mereka ke segmen saat ini penuh dengan pemain dari segala produsen. 


Yak Low MPV atau LMPV dimana segmen ini persaingannya begitu keras. Ada pemain lama yang cukup ternama sampai pemain yang manfaatkan segmen LSUV meskipun produknya sendiri belum bisa menjadi raja di kelas ini. Namun, Hyundai sendiri tetap Pede dengan pencapaian tersebut. 





Berbeda dengan KIA Carens, justru tidak mau bertemu atau head to head dengan model LMPV lainnya meskipun platform-nya sendiri masih sama. Malah kebalikannya justru menyasar segmen premium bahkan medium MPV dimana kelas ini hanya Toyota Kijang Innova sebagai pemain tunggal. 


Hasilnya, harga yang dipatok pun sangat jauh bahkan mendekati angka 400 Juta Rupiah. Iya, 400 Juta Rupiah buat mobil LMPV dengan fitur premium setara SUV saat ini. Memang, strategi yang dibangun oleh KIA sendiri tidak langsung berhadapan dengan Hyundai meskipun mobil tersebut satu segmen. Bahkan mereka sendiri lakukan penyesuaian harga agar bisa mengisi gap pasar meskipun harus berhadapan dengan rival yang sudah establish saat ini. 





Memang Stargazer sendiri punya pasar khusus untuk keluarga yang menginginkan kendaraan yang muat banyak dan tampilannya sangat kentara mirip dengan Staria. Lantas, model seperti ini ditambah gimmick fitur-nya sudah melebihi standar mobil di kelasnya. 


Fitur dan Tampilan Premium Buat KIA Carens naik kelas 


Begitu juga kehadiran Kia Carens saat ini sudah naik kelas bahkan menjadikan mobil LMPV dengan harga diatas rata-rata. Namun fitur yang diberikan pun tidak kalah bahkan berkesan premium. Mulai dari speaker BOSE sampai jok kulit dengan kualitas diatas rata-rata. 


Urusan mesin, tetap sama dengan Hyundai Stargazer, meskipun untuk Kia sendiri punya varian mesin 1.4 Turbo Direct Injection untuk varian 6 seater. Dan kedua varian itu sendiri terbagi menjadi 7 seater dan 6 seater sama dengan Stargazer juga memiliki dua varian kapasitas penumpang. 


Sebenarnya Hyundai-KIA bisa masuk ke segmen ini tanpa harus saling bunuh satu sama lain. Bahkan bisa mengisi gap kekosongan dari kompetitor termasuk segmen medium MPV yang saat ini tersisa Kijang Innova. Konon bakalan jadi FWD dan hybrid. Namun, harga yang dipatok pun bakalan lebih mahal daripada model sekarang. Sehingga, strategi ini lebih masuk akal buat KIA Carens termasuk Stargazer yang bertempur dengan model lainnya. 


LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0