Dari Sorento Hingga Niro, KIA Boyong Jajaran EV di GIIAS 2022


Jakarta, Otojatim.com – PT Kreta Indo Artha (KIA), memamerkan jajaran produk elektrifikasinya pada pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Kia Sorento HEV, Kia Niro EV, dan Kia EV6 GT-Line menegaskan keseriusan KIA dalam menyongsong industri otomotif masa depan yang lebih ramah lingkungan berbasis low carbon emission.

“Kia Sorento berbasis teknologi hybrid, serta Kia Niro EV dan Kia EV6 yang merupakan Full BEV. Ketiganya kami pamerkan untuk membuktikan bahwa teknologi elektrifikasi yang kami miliki telah siap untuk bersaing di Tanah Air,” ujar Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head KIA (11/8).

Unit Kia tersebut dapat dicoba langsung di Hall 10, ICE BSD City yang merupakan area Test Drive dari mobil-mobil listrik.


Kia Sorento HEV, SUV Hybrid Andalan Keluarga

Kia Sorento HEV memiliki tampilan berotot yang modern dan sporty. Wajah khas Kia dengan grille ‘Tiger Nose’, Sorento dihiasi dengan lampu depan berteknologi Dual Projection LED dengan High Beam Assist, plus lampu DRL yang juga menggunakan LED.

Panorama Sunroof yang besar di bagian atap memberikan kesan lapang pada interiornya. Balutan kulit di sebagian besar kabin, termasuk tempat duduk, trim pintu, dan juga lingkar setir memberikan kesan mewah.

Kursi bagian depan juga dilengkapi pengaturan elektrik dengan memori penyimpanan posisi, serta ventilasi yang dapat mendinginkan atau menghangatkan tubuh penumpang depan. Baris keduanya dilengkapi dengan fasilitas captain seat yang dapat diatur secara leluasa termasuk tersedianya armrest.

Konektivitas Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto tersedia sebagai fitur infotainment. Kia Sorento HEV juga dilengkapi dengan 12 speaker BOSE Premium Sound System.

Soal mesin, Kia Sorento HEV, mengusung Smartstream G1.6 T-Gdi, CVVD 4- silinder segaris berkapasitas 1,6 liter dengan turbocharger, yang dikombinasikan dengan motor listrik berdaya 44 kW. Membuat tenaganya mencapai 230 PS dengan torsi maksimal mencapai 350 Nm.

Dalam menjamin keselamatan penumpangnya, Kia Sorento HEV dibekali enam buah airbag. Juga fitur Advance Driver Assistance System (ADAS) terdiri
dari Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Warning (SEW), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan.


Kia Niro EV, Compact SUV Futuristik

Berteknologi full electric, generasi kedua Kia Niro ini, secara eksterior mengadopsi konsep HabaNiro 2019 dengan nilai koefisien drag (Cd) hanya 0,29.

Lampu belakang LED berbentuk bumerang membuatnya tampil menonjol. Secara interior, Niro EV dilapisi dengan material premium dan ramah lingkungan. Kabinnya juga  menjanjikan keleluasaan dan ruang penumpang terbaik di kelasnya.

Kia Niro EV mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang menghasilkan tenaga puncak 203PS dan torsi maksimal 255 Nm. Baterai yang digunakannya berkapasitas 64,8kWh. Dengan tenaga tersebut, Kia Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km (WLTP cycle).

Fitur keselamatannya sama dengan milik KIA Sorento. Ditambah paddle shift dibalik kemudi yang berfungsi sebagai i-Pedal dan pengaturan level pengereman regeneratif.


Kia EV6 GT-Line, Performa Mengagumkan

Kia EV6 GT juga mengusung teknologi full electric yang menawarkan daya tahan menjelajah jarak jauh, bebas emisi, dengan kemampuan pengisian daya ultra-cepat, dan gaya yang khas di pasar SUV crossover.

Mobil ini adalah mobil pertama Kia yang menggunakan platform baru khusus kendaraan listrik baterai (BEV) yang dikembangkan Kia yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Sebagaimana Kia Niro EV, desain EV6 juga menggunakan filosofi desain baru 'Opposites United', yang mengambil inspirasi dari berbagai hal yang ditemukan di alam dan manusia.

Siluet eksteriornya terinspirasi dari  crossover, yang modern, ramping, dan aerodinamis. Keunikan lain hadir lewat desain lampu belakang yang memanjang dari kedua sisinya.

Mobil ini berusaha tampil berbeda dari layaknya sebuah EV dengan  menampilkan desain interior yang memanfaatkan platform E-GMP milik Kia. Meski dimensi EV6 sangat ringkas, namun ruang kabinnya sebanding dengan kebanyakan medium SUV.

Banyak area penyimpanan pada kabin, termasuk ruang bagasi 520 liter, dan jika kursi baris kedua dilipat, kapasitas penyimpanan bertambah jadi 1.300 liter. Terdapat juga bagasi depan yang menyediakan ruang penyimpanan tambahan hingga 20 liter untuk model AWD.

EV6 GT-Line menggunakan motor listrik PMSM dengan sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm sehingga mampu menempuh jarak total hingga 506 km dan kecepatan 0 - 100 km per jam dalam waktu 5.2 detik.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi