iklan jual beli mobil

Tips Peugeot - Supaya Mobil Tidak Mudah Terbakar

penyebab mobil terbakar

Jakarta, Otojatim.com - Pemberitaan tentang mobil yang terbakar, akhir-akhir ini sering terjadi di Indonesia, terutama di Ibu Kota. Tak cuma dialami oleh mobil lama, mobil produksi baru pun kerap terjadi.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi mobil mudah terbakar bagi pengemudi, Peugeot Indonesia memberikan tips. Karena mobil bisa saja mengalami kebakaran disebabkan beberapa faktor. Selain mengakibatkan kecelakaan, mobil terbakar juga bisa berujung maut.

Solusi Peugeot Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang Meski Tidak Ngebul

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil bisa terbakar, padahal sebenarnya sudah bisa dikenali oleh pengemudi sejak awal. Dengan mengenali penyebabnya, maka akan mudah mengambil tindakan untuk pencegahan kebakaran lebih dini. Sehingga penumpang bisa aman dan selamat ketika mobil terus dikendara,.” ujar Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot.

Inilah tips yang perlu diketahui dalam mengenali penyebab mobil terbakar dan cara mengatasinya khususnya untuk kendaraan lama.

Hindari Penyebab Motor Dari Bahaya Kebakaran Saat Berkendara

Pertama, pastikan tidak ada kebocoran aliran bahan bakar. Kemudian penyebab kedua, jenis material yang mudah terbakar. Kebocoran membuat kedua material ini sangat mudah mengenai bagian mesin yang panas.

Penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya kebakaran pada mobil.

“Kebocoran aliran bahan bakar bisa diatasi dengan memperbaiki kualitas selang (hose) bensin dan pengikatnya (klem). Bila selang bensin dan klemnya tidak bisa diperbaiki lagi maka sebaiknya datang ke bengkel resmi untuk melakukan penggantian,” ujar Roni Agung.

Volume Oli Mesin Berkurang Ketika Digunakan? Begini Penjelasan Pertamina Lubricants

Penyebab lain kendaraan mudah terbakar karena ada beberapa masalah pada sistem kelistrikan seperti korsleting. Bukan Cuma karena tikus yang merusak kabel pengantar listrik, tapi bisa juga dari soket sambungan yang renggang sebabkan percikan penyebab kebakaran. Jadi pastikan sekring-sekring dalam kondisi yang baik.

Kerap terjadi terutama pada penggemar modifikasi mobil. Contohnya perubahan bohlam headlamp atau foglamp diganti dengan Watt lebih besar, ataupun penggantian power audio (sound system) tanpa memperhatikan beban kelistrkan. Penggantian yang tidak sesuai ukuran standar ini bisa menimbulkan kekurangan suply daya ataupun panas berlebih hingga timbulkan kebakaran.

Yang paling penting, pastikan setiap kendaraan baik produksi lama ataupun baru telah tersedia tabung APAR di dalam kabin. Selalu lakukan perawatan rutin di bengkel resmi Peugeot, agar semua penyebab mobil terbakar diperiksa oleh teknisi yang profesional dengan alat lengkap.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi