Aprilia SRGT

Inilah Deretan Seri Peugeot yang Jadi Andalan Kepresidenan Prancis

 

Jakarta, Otojatim.com - Bicara tentang merk mobil terkenal, Peugeot, berarti juga bicara soal perjalanan sejarahnya yang panjang. Jenama asal Prancis yang sudah berdiri sejak lebih dari 200 tahun lalu ini, menjadi langganan bagi Istana Elysee selama setengah abad.

Kerajaan Prancis mengakuisisi Peugeot 605 di bawah François Mitterrand pada tahun 1991. Limusin yang memiliki bobot 2.500 kg ini dilengkapi dengan mesin V6 170 hp, pelindung baja, jendela kaca anti peluru, serta komposit polikarbonat. 

Mobil ini kemudian digunakan sebagai kendaraan penyambut tamu kenegaraan Prancis, seperti Mikhail Gorbachev (Uni Soviet), Hosni Mubarak (Mesir) dan Paus Yohanes Paulus II (Vatikan).


Jacques Chirac, Presiden Prancis yang menjabat sejak tahun 1995 hingga 2007, diketahui setia menggunakan Peugeot 607. 

Sedangkan Peugeot 205 SR merah 1984, kerap terlihat dikendarai sendiri oleh istri Presiden di  sepanjang jalan Corrèze.

Ada beberapa tradisi dekorasi mobil dalam kepresidenan Prancis. Diantaranya bendera Prancis yang selalu diletakkan di sisi dimana presiden keluar dan masuk mobil. Sebelum adanya aturan baru, plat nomor juga dibuat khusus seperti 1PR75 hingga 5PR75. 


Nicolas Sarkozy, mantan Presiden Prancis pada tahun 2007-2012 meminang Peugeot 607 Paladine yang semula ada di Museun Peugeot, menjadi kendaraan andalannya karena dianggap melambangkan pembaruan dan medernitas.

Peugeot 607 yang diproduksi oleh coachbuilder Heuliezs ini memiliki tampilan yang spektakuler dengan ukuran lebih dari 5 meter.


Mobil ini kemudian dimodifikasi menjadi landaulet beratap kaca yang dapat dibuka menutupi kursi belakang.


Pelapis Herms dengan kulit biru dan krem,  juga sebuah bar, menambah kemewahan mobil ini. Tersedia dua kursi lipat dengan menghadap ke jalan untuk pendamping, dan dua kursi berlengan yang dapat di-adjust secara elektrik untuk penumpang terhormat.


Mobil legendaris ini sempat dipamerkan di Geneva Motor Show pada tahun 2000 silam.


Terus mengukir sejarah, Peugeot 5008 terlihat tampil pada pelantikan Emmanuel Macron, Presiden Prancis saat ini, pada 14 Juli 2017 silam. 


Mobil yang digunakannya selama 5 tahun terakhir ini kerap tampil dalam foto dan video liputan kenegaraan.


Tak banyak yang dimodifikasi dari Peugeot 5008 tersebut. Kecuali pelapisan kendaraan, tata letak kursi belakang diganti menjadi 2 orang saja dengan konsol tertentu, falsher pada kisi-kisi radiator, dan tentunya lencana kepresidenan.


Setelah masa kepresidenan berakhir, biasanya mobil-mobil tersebut disimpan di garasi Elysée, atau diberikan ke museum. Seperti Musée de l’Aventure Peugeot yang menyimpan tipe 156 Millerand, limusin Peugeot 604 Giscard d’Estaing, limusin Peugeot 605 Mitterrand, juga Paladine Peugeot 607.

LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0