7 Suku Cadang Suzuki yang Harus Diperiksa Pasca-Mudik

suku cadang suzuki

Jakarta, Otojatim.com - Pengecekan mobil pasca perjalanan jauh pastinya berbeda dengan pemeriksaan mobil yang digunakan untuk keseharian. Inspeksi ini bisa dilakukan secara mandiri atau datang ke bengkel resmi Suzuki yang ada di seluruh Indonesia.

Christiana Yuwantie selaku Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mengatakan bahwa khusus untuk kendaraan yang digunakan perjalanan jauh, pengguna kendaraan harus melakukan pemeriksaan suku cadang kendaraan agar kondisi mobil tetap prima.

Beberapa ceklist item yang harus diperhatikan adalah:

1. Filter Oli dan Oli Mesin
Pemilik harus memperhatikan jadwal rutin pengecekan oli mesin dan filter oli. Oli mesin merupakan bagian terpenting yang harus dijaga karena fungsinya untuk melumasi komponen dalam mesin agar bekerja secara optimal sekaligus mencegah friksi. Didukung dengan filter oli berfungsi menyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin sebelum oli mesin melumasi ke seluruh bagian.

4 Tips Membeli Mobil Suzuki Di Tengah Momentum PPnBM Nol Persen

Penggantian oli dan filter sebaiknya dilakukan pada 1.000 kilometer pertama, dan dilanjutkan pemeriksaan rutin setiap 10.000 kilometer. Pengecekan kekentalan oli melalui stik oli untuk meyakinkan kondisi oli mesin.

2. Busi
Penggantian busi sebauknya setiap pemakaian 20.000 kilometer untuk memberikan pembakaran yang lebih sempurna sehingga mobil tetap bertenaga dan optimal.

3. Filter Udara
Filter udara harus diganti apabila sudah mencapai batas waktu pemakaian. Kondisi alam saat perjalanan jauh akan berbeda dengan jalur mobilitas sehari-hari. Filter udara bisa membantu menghemat konsumsi bahan bakar yang digunakan. Ini karena fungsinya untuk menyaring debu dan kotoran dari udara luar. Penggantian filter udara bisa dilakukan setiap 40.000 kilometer dan harus dibersihkan setiap 10.000 kilometer.

4. Kampas Rem
Setelah melakukan perjalanan jauh mengakibatkan frekuensi pengereman lebih sering, pemilik harus lebih memperhatikan pemeriksaan kampas rem. Penggantian kampas rem sebaiknya dilakukan pada 50.000 sampai 105.000 kilometer atau periode pemakaian sekitar selama 3 tahun.

5. Ban Mobil
Perjalanan jauh juga berpotensi membuat aus permukaan ban sehingga mengurangi grip. Oleh sebab itu, pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Bila perlu segera ganti ban apabila sudah terlihat aus atau terasa licin dan terkadang terasa overshoot (buang arah). Lebih baik lagi dilakukan pemeriksaan sporing dan balancing.

6. Aki Mobil
Pemilik sebaiknya selalu melakukan pemeriksaan dan penggantian aki secara rutin setiap 1 sampai 2 tahun sekali. Jangan tunggu sampai aki habis dan mobil mogok di tengah jalan.

7. Karet Wiper
Wiper sangat membantu pengemudi mendapatkan visibilitas yang baik terutama saat hujan. Oleh karena itu, pemilik kendaraan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian karet wiper setiap 2 tahun sekali.

Tips Suzuki: Posisi Duduk Nyaman Dan Nyaman Selama Berkendara

“Agar umur pakai kendaraan bisa lebih lama, kinerja mesin baik, dan terhindar dari potensi kerusakan di tengah jalan, konsumen dianjurkan mengganti spare part dengan yang asli. Pembelian bisa langsung di bengkel resmi Suzuki ataupun aplikasi MySuzuki,” pungkas Christiana Yuwantie.

Dengan datang ke bengkel resmi, pemilik kendaraan bisa sekalian konsultasi sebelum melakukan penggantian suku cadang beserta dengan kisaran harganya, diperiksa oleh tenaga ahli yang kompeten di bidangnya.(*)
LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0